Teh dan Kopi Sama Enaknya, Tapi Benarkah Ada yang Lebih Sehat? | Breaktime
Teh dan Kopi Sama Enaknya, Tapi Benarkah Ada yang Lebih Sehat?
23.05.2015

Bicara tentang teh dan kopi, tentu tak semua orang menyukai keduanya. Umumnya, seseorang cenderung lebih sering mengonsumsi salah satu jenis, entah itu teh atau kopi. Namun apabila muncul pertanyaan, lebih sehat mana mengonsumsi teh atau kopi, apakah B’timers  tahu jawabannya? 

Secara garis besar, kedua jenis minuman ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Apabila dibandingkan dengan takaran per 100 gram, di dalam teh mengandung 4 mg sodium, 18 mg potassium, 0,2 g karbohidrat (total), 0,1 g protein, 11 mg caffeine, 3 mg kalsium dan 2 mg magnesium. Sedangkan di dalam kopi terkandung 2 mg sodium, 49 g potassium, 0,1 g protein, 40 mg caffeine, 2 mg kalsium dan 3 mg magnesium.

Dari segi manfaatnya, kopi dapat digunakan sebagai teman untuk begadang karena jumlah kafeinnya sangat tinggi dibandingkan dengan teh. Kafein ini tidak hanya membuat seseorang akan terjaga dalam jangka waktu tertentu, juga dapat membuat perasaan lebih rileks seperti yang ditimbulkan oleh obat-obatan penenang. 

Kopi pas dikonsumsi saat tubuh sedang butuh ‘pelecut’ semangat
Kopi pas dikonsumsi saat tubuh sedang butuh ‘pelecut’ semangat

Kopi juga memiliki lebih banyak choline, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk membran sel dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi kopi maka tubuh secara otomatis dapat menekan risiko terjadinya anemia.

Sedangkan manfaat dari teh, terutama teh hijau, adalah untuk mengatasi kerontokan rambut, membuat rambut berkilau, sampai bisa dijadikan sarana diet karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin E dan C yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, teh hitam juga mengandung antigen alkylamines yang berfungsi sebagai peningkat sistem imun dalam tubuh, memperkuat tulang dan gigi, serta mengurangi risiko penyakit arthritis.

Butuh ketenangan? Minum teh!
Butuh ketenangan? Minum teh!

Setelah berbicara masalah kelebihan, B'timers juga perlu melihat sisi negatif dari keduanya. Sisi negatif dari kopi adalah dapat membuat gigi menjadi lebih mudah menguning, dapat memunculkan risiko keguguran tinggi apabila dikonsumsi ibu hamil lebih dari 8 cangkir sehari, dan dapat memperlambat aliran darah ke jantung.

Sedangkan pada teh, sisi negatifnya adalah dapat mengakibatkan anemia karena adanya tanin yang berfungsi sebagai penyerap zat besi dalam tubuh, serta menyebabkan produksi HCl atau hydrochloric acid ketika meminumnya saat perut kosong.

Tentunya, segala hal di dunia ini ada sisi positif dan negatifnya, tergantung bagaimana menggunakannya. Teh dan kopi juga demikian! Asal tidak mengonsumsinya secara berlebihan, maka B'timers akan dapat merasakan nikmat dan manfaat kedua minuman ini daripada sisi negatifnya.

Share This Article