Tangkal Cacar Air dengan Kenali Gejalanya | Breaktime
Tangkal Cacar Air dengan Kenali Gejalanya
11.05.2015

Chicken pox atau yang di Indonesia dikenal dengan nama cacar air memang bukanlah jenis penyakit baru. Penyakit ini terjadi akibat ulah virus Varisela zoster yang mengakibatkan infeksi dalam tubuh.

Umumnya, penyakit ini memang banyak menyerang anak-anak. Akan tetapi, kalangan dewasa juga bisa ikut terkena penyakit ini, terlebih bila sebelumnya tak pernah terjangkit cacar air. Penularan virus Varisela zoster ini terjadi melalui udara atau kontak langsung dengan luka penderita.

Masa inkubasi Varisela Zoster sendiri berlangsung selama 14 sampai 16 hari dari pertama masuk ke dalam tubuh hingga memunculkan gejala penyakit. Nah, penyakit cacar air ini umumnya diawali dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Stamina tubuh menurun
  • Demam dan disertai flu ringan
  • Muncul rasa nyeri pada bagian tenggorokan, perut, dan sakit kepala
  • Leher terasa kaku
  • Kulit memerah disertai dengan bintil-bintil merah bergelembung
Bintil-bintil merah cacar air pada tubuh
Bintil-bintil merah cacar air pada tubuh

Nah, apakah akhir-akhir ini B’timers mengalami gejala-gejala di atas? Menurut dr. Ari Fahrial Syam, ahli penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, seseorang disebut menderita penyakit cacar air bila bintil kecil berisi air telah mengalami penyebaran secara luas (full blown).

Untuk pengobatannya, penderita cacar air akan diberikan obat antivirus, vitamin peningkat sistem imunitas, serta obat lainnya tergantung keluhan yang dialami pasien. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti berries ataupun jeruk.

Selain itu, B’timers juga dapat meminum teh herbal dengan aroma chamomile atau kayu manis untuk membangkitkan nafsu makan dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Bila ingin membersihkan tubuh dengan air, pastikan B’timers menggunakan air hangat agar bintil cacar air tidak makin menyebar.

Nah, mulai sekarang perhatikan kesehatan Anda lebih jeli, ya. Aturlah gaya hidup sehat seperti pola makan dan olahraga dengan lebih baik dan jangan lupa untuk sering menggunakan masker ketika berada di tempat-tempat umum agar udara yang masuk ke dalam tubuh lebih steril.

Share This Article