Kenali Perbedaan Manfaat Susu Kambing dan Susu Sapi | Breaktime
Susu Sapi dan Susu Kambing, Apa Bedanya?
09.08.2015

B’timers lebih suka mana nih, susu sapi atau susu kambing? Banyak yang bilang susu sapi lebih sehat, tapi tak sedikit juga yang mengatakan kalau susu kambing lebih bermanfaat. Sebenarnya apa ya, perbedaan dari ke dua susu ini? Yuk, simak ulasan dari Breaktime!

Kandungan susu sapi vs susu kambing

Sebagian besar keju terbuat dari olahan susu sapi
Sebagian besar keju terbuat dari olahan susu sapi

Di dalam tubuh kambing terdapat enzim khusus yang dapat mengkonversi karotin menjadi vitamin A. Oleh karenanya, kandungan vitamin A pada susu kambing lebih besar dibandingkan pada susu sapi. Meski demikian, susu kambing jarang diolah menjadi susu karena kandungan lemaknya yang jauh lebih rendah dibanding  susu sapi.

Nutrisi susu sapi vs susu kambing

Perbedaan kandungan nutrisi kedua jenis susu ini hanya terpaut sangat sedikit
Perbedaan kandungan nutrisi kedua jenis susu ini hanya terpaut sangat sedikit

Susu kambing dapat dijadikan alternatif yang tepat apabila B’timers tidak bisa meminum susu sapi karena kandungan nutrisinya hampir sama. Contohnya saja, dalam komposisi per 100 gram, susu kambing mengandung 3,1 gram protein dan 0, 19% kalsium. Sedangkan susu sapi mengandung 3,2 gram protein dan 0,18% kalsium.

Laktosa pada susu sapi vs susu kambing

Ketidakmampuan tubuh menerima laktosa susu akan menimbulkan alergi
Ketidakmampuan tubuh menerima laktosa susu akan menimbulkan alergi

Laktosa adalah kandungan gula yang terdapat di dalam susu dan tidak semua orang dapat mencernanya dengan baik. Nah, karena jumlah laktosa susu kambing lebih rendah dibandingkan susu sapi, maka banyak para lactose intolerant lebih disarankan untuk mengonsumsi susu kambing.

Baca Juga: Lebih Sehat Mana Susu Sapi dan Susu Kedelai

Alergi yang disebabkan susu sapi vs susu kambing

Alergi terhadap protein susu mengakibatkan mual dan muntah
Alergi terhadap protein susu mengakibatkan mual dan muntah

Alergi susu merupakan reaksi alami tubuh ketika menerima asupan protein berlebih. Penyebab alergi tersebut merupakan protein bernama alpha S1-kasein, yang bisa ditemukan pada susu sapi ataupun susu kambing. Bagi orang yang memiliki alergi protein susu, maka disarankan untuk mengonsumsi susu kambing karena kandungannya lebih rendah dari susu sapi.

Dari segi rasa, kedua jenis susu ini tak memiliki perbedaan berarti. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi kedua jenis susu ini secara bergantian ya, B’timers!

Share This Article