Susah Diet? Coba Trik Mindful Eating Ini! | Breaktime
Susah Diet? Coba Trik Mindful Eating yang Tak Biasa Ini!
10.01.2016

Diet bisa dilakukan dengan berbagai cara. B’timers sering merasa kesusahan menurunkan berat badan meskipun sudah memangkas banyak porsi makan? Mungkin sebabnya adalah B’timers kurang puas atas segala sesuatu yang dimakan, sehingga Anda menginginkan lebih. Ada cara yang tidak rumit untuk membantu mengurangi berat badan B’timers, yaitu dengan mindful eating.

Mindful eating merupakan komitmen pribadi yang hanya melibatkan diri sendiri. Cara ini serupa dengan melakukan meditasi seperti yoga namun dikombinasikan dengan makanan. Melakukan metode mindful eating bisa jadi gampang-gampang susah, lho. B’timers bisa mempelajari langkah-langkah melakukan mindful eating sebagai berikut :

Susah Diet? Coba Trik Mindful Eating Ini! | Breaktime
Berterimakasihlah atas semua yang Anda makan hari ini
  1. Rilekskan tubuh dan pikiran dengan menarik nafas dalam-dalam sebelum makan
  2. Ucapkan terima kasih kepada siapapun yang telah membuatkan Anda makanan
  3. Perhatikan makanan yang ada di hadapan Anda dengan detail
  4. Hirup aroma sedap yang dihasilkan dari makanan
  5. Makan perlahan, nikmati setiap rasa yang terkecap di mulut
  6. Setelah selesai makan, biarkan tubuh Anda menyerap semua energi dengan berhenti sejenak sebelum melakukan kegiatan selanjutnya

B’timers harus berlatih perlahan-lahan agar bisa mencapai kedamaian saat mengonsumsi makanan. Anda tidak harus selalu makan sendiri, bisa juga dengan teman atau keluarga. Yang terpenting adalah B’timers mampu mengendalikan diri dan menikmati setiap gigitan yang masuk dalam mulut. Dengarkan baik-baik apa yang tubuh Anda inginkan tentang makanan yang masuk. Saat perut memberikan sinyal kenyang, maka sebaiknya B’timers menghentikan aktivitas makan tersebut.

Susah Diet? Coba Trik Mindful Eating Ini! | Breaktime
Dengarkan baik-baik tentang keinginan tubuh terhadap makanan

Mindful eating membantu B’timers untuk mengurangi berat badan secara signifikan, karena Anda kemungkinan hanya mampu makan setidaknya sepertiga dari porsi biasanya sebelum Anda kenyang. Selain menurunkan berat badan, B’timers akan menemukan kedamaian dan merasa puas terhadap makanan. B’timers juga akan lebih memperhatikan setiap jenis makanan yang masuk dalam tubuh Anda. Tentunya Anda ingin selalu mengisi perut Anda dengan sesuatu yang baik dan bergizi tinggi, bukan?

Setelah mengetahui cara dan manfaat dari mindful eating, B’timers sudah tidak perlu ragu lagi mencoba metode ini. Anda tidak perlu kesusahan menentukan menu diet seperti yang sebelumnya B’timers lakukan. Jangan lupa untuk berolahraga sebagai apresiasi pada tubuh Anda agar tetap sehat. Tubuh Anda sudah bekerja sangat keras selama ini. Oleh karena itu, berterimakasihlah dengan selalu mengucap syukur setiap hari kepada diri Anda sendiri dan orang di sekitar Anda. (ft)

Share This Article