Sudah Tepatkah Porsi Konsumsi Daging Merah Anda? | Breaktime
Sudah Tepatkah Porsi Konsumsi Daging Merah Anda?
02.11.2015

Daging merah di Indonesia masuk dalam kebutuhan sekunder dan bahkan tersier karena harganya yang tinggi. Selain itu, warga Indonesia juga lebih menyukai daging putih seperti ikan dan ayam sebagai pengganti daging merah. Padahal, gizi dari daging merah dan daging putih berbeda.

Di Indonesia, rata-rata setiap orang hanya mengonsumsi 17 ons daging merah atau setara 1,7 kilogram setiap tahunnya. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan konsumsi daging merah di Amerika Serikat. Padahal tahukah Anda B'timers, setiap orang minimal mengkonsumsi setidaknya 1,7 ons per hari daging agar kebutuhan pertumbuhannya terpenuhi.

Jumlah tersebut sebenarnya adalah konsumsi yang sangat rendah. Seharusnya konsumsi daging ini harus lebih tinggi, mengingat jumlah kalori serta nilai gizi yang dibutuhkan tubuh cukup tinggi setiap harinya. Untuk seorang wanita berusia 19-30 tahun dianjurkan mengkonsumsi 5,5 ons daging per hari. Sedangkan yang sudah berusia 31-50 tahun 5 ons perhari.

Sudah Tepatkah Porsi Konsumsi Daging Merah Anda? | Breaktime
Daging merah baik untuk kesehatan, tapi konsumsinya harus secara wajar B'timers

Pria yang berusia 19-30 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi 6,5 ons perhari dan yang sudah berusia 31-50 tahun hanya 6 ons perhari. Jumlah tersebut sudah masuk dalam kategori normal. Untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh tambahkan beberapa sayur dan sedikit nasi serta segelas susu agar kebutuhan 4 sehat 5 sempurna terpenuhi.

Tapi mengapa tubuh harus mengasup daging dalam jumlah cukup setiap harinya? Sebab, tubuh kita membutuhkan protein dengan jumlah cukup untuk bisa mergenerasi sel-sel yang mati. Apabila kebutuhan protein tidak terpenuhi bisa-bisa seseorang akan mudah lemas dan gampang terserang penyakit. Oleh karena itulah, konsumsi daging merah akan membantu Anda terhindar dari masalah tersebut.

Daging merah yang umum di Indonesia adalah daging sapi. Dalam 100 gram sajian daging sapi terdapat kurang lebih 27 gram protein di dalamnya. Apabila kebutuhan harian orang dewasa adalah 63 gram protein, maka dalam sekali jam makan Anda membutuhkan setidaknya 21 gram.

Mulai sekarang, yuk lebih perhatikan jumlah konsumsi daging merah per harinya ya, B’timers! 

Share This Article