Sudah Diet Ketat Kok Berat Badan Tak Turun Juga? | Breaktime
Sudah Diet Ketat, Kok Berat Badan Tak Turun Juga?
21.01.2016

Tak sedikit orang yang menyerah melakukan diet karena merasa gagal. Setelah beberapa lama menerapkan diet ketat, namun berat badan tak kunjung turun. Kendatipun turun, namun sama sekali tidak signifikan. Akhirnya mereka memilih pasrah dan tak lagi melakukan diet yang menyiksa namun tak ada hasilnya.

Jika Anda pernah atau sedang mengalami hal serupa, ada baiknya mengetahui sejumlah hal ini. Berikut adalah 4 hal yang patut Anda ketahui tentang alasan mengapa Anda sulit menurunkan berat. Simak, yuk!

  • Tubuh Anda kekurangan energi

Sudah Diet Ketat Kok Berat Badan Tak Turun Juga? | Breaktime
Energi dibutuhkan untuk menurunkan berat badan

Jika Anda sering merasa kekurangan energi, akan sulit bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Metabolisme adalah aktivitas utama di dalam tubuh. Jika Anda kekurangan energi, maka metabolisme tidak berjalan lancar. Akibatnya, lemak dan kalori di tubuh tidak terbakar dengan baik.

  • Tubuh Anda tidak sehat

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan dulu tubuh Anda sehat. Tidak sedang sakit bukan berarti sehat. Makanya Anda harus benar-benar mengerti kondisi tubuh sebelum memutuskan untuk melakukan diet. Harus Anda ingat, Anda harus sehat untuk menurunkan berat badan, bukan menurunkan berat badan untuk menjadi sehat.

  • Kondisi pencernaan yang lemah

Sudah Diet Ketat Kok Berat Badan Tak Turun Juga? | Breaktime
Anda makan melebihi kemampuan tubuh Anda mengolah makanan

Alasan ketiga yang membuat Anda sulit menurunkan berat badan adalah kemungkinan Anda makan melebihi kemampuan tubuh Anda untuk mencerna. Proses pencernaan yang lemah akan menghambat tubuh dalam menyerap nutrisi makanan dan memproses pembakaran lemak.

  • Anda menghentikan konsumsi karbohidrat atau gula

Mengurangi asupan karbohidrat dan gula memang bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat atau gula. Pasalnya, jika tubuh Anda kekurangan asupan karbohidrat dan glukosa, menurunkan berat badan adalah hal yang mustahil. Karbohidrat dan glukosa dibutuhkan liver untuk merangsang hormone tiroid yang penting untuk menurunkan berat badan.

Dari empat poin di atas, manakah yang mungkin B’timers rasakan dan alami? Setelah mengetahui penyebabnya, semoga Anda bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan sebelum diet. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang prima dan jangan melakukan diet dengan metode yang salah dan justru merugikan Anda. (nap)

Share This Article