Stres? Ini Pola Makan yang Baik untuk Anda! | Breaktime
Stres? Ini Pola Makan yang Baik untuk Anda!
20.05.2016

Terkadang ini terjadi setelah Anda mendapatkan teguran atau omelan dari bos. Atau karena Anda baru melihat pasangan pergi kencan dengan orang lain. Kondisi seperti ini yang membuat kita melarikan diri ke makanan. Sekantong keripik kentang, pizza dengan ekstra keju yang meleleh, ditambah es krim cokelat! Wah, wah, ini pola makan untuk orang stres seperti Anda, B’timers!

Fokus pada masalah

Anda sebenarnya tahu bahwa makanan hanya teman yang kita gunakan saat sedang stres. Dan ternyata menenggelamkan diri pada tumpukan makanan ketika tertekan atau sedih, itu bukan masalah utama, lho. Anda hanya menggunakan makanan tersebut sebagai balasan dari tidak terpenuhinya kebutuhan, B’timers. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang sebenarnya Anda butuhkan dan fokus untuk menyelesaikan masalah, bukannya justru melupakannya dengan makanan.

Stres? Ini Pola Makan yang Baik untuk Anda! | Breaktime
Ingat dengan berat badan Anda, ya?

Pikirkan jangka panjang

Luangkan waktu sebentar untuk fokus pada impian masa depan, sebelum Anda mendapatkan masalah yang menyebabkan stres. Misalnya dengan mengingat tujuan penurunan berat badan atau keinginan tampil seksi pada liburan musim panas tahun ini. Dengan mengingat kembali tujuan di masa depan, akan sangat membantu Anda keluar dari pola makan tidak sehat. Tahan godaan menu-menu lezat yang senantiasa melambaikan tangan dan tetap pikirkan keinginan terbesar Anda.

Kontrol rasa percaya diri

Dalam sebuah studi dalam Journal of Obesity, wanita yang menjalani latihan peningkatan percaya diri ternyata dapat belajar bagaimana mengurangi stres. Anda juga akan lebih mampu mengendalikan rasa lapar dan memperhatikan rasa hidangan yang dinikmati, B’timers. Pola makan untuk orang stres yang paling penting adalah mengenali, bagaimana cara kita mengidentifikasi perasaan. Selain itu cobalah melatih teknik pernapasan yang dapat melawan keinginan ngemil, B’timers.

Stres? Ini Pola Makan yang Baik untuk Anda! | Breaktime
Hayoo, pilihan jatuh ke yang mana, nih?

Bersikap baik pada diri sendiri

Kasih sayang yang Anda berikan pada diri sendiri dapat menurunkan stres dan pelarian pada makanan. Minta bantuan teman untuk mengingatkan Anda dalam menahan keinginan makan berlebih. Berjanjilah pada diri sendiri, bahwa Anda tidak akan kalah pada godaan makanan, apalagi makanan tidak sehat, B’timers. Selalu tanamkan pikiran, diri Anda berhak mendapatkan kebaikan dan cinta dengan tidak menuruti nafsu makan yang menggila karena ditimpa banyak masalah.

Jika semuanya gagal? Duduk dan nikmati sajalahlah, B’timers. Pola makan untuk orang stres terkadang tidak terlalu penting, kok. Ambil hiburan yang indah dan lezat dari makanan yang Anda sukai. Biarkan diri Anda santai dan resapi rasa es krim di hadapan. Rencanakan juga camilan kecil di sore hari dengan cake cokelat yang diselimuti krim kacang. (NO)

Share This Article