Stay Healthy dengan Diet Golongan Darah B | Breaktime
Stay Healthy dengan Diet Golongan Darah B
28.10.2017

Diet berdasarkan golongan darah terinspirasi oleh teori yang dicetuskan oleh dokter naturopathy Dr. Peter J. D’Adamo dalam bukunya Eat Right for Your Type. Menurutnya, pola makan yang disesuaikan dengan struktur DNA dan golongan darah konon dapat membantu Anda tetap memiliki tubuh ramping ideal serta mampu hidup sehat dengan melawan dan menghindari berbagai jenis penyakit. Keempat golongan darah A, AB, B, dan O sebaiknya memiliki asupan makanan serta menu diet yang berbeda. Hal tersebut disebabkan adanya protein lektin dari makanan yang dikonsumsi dan nantinya akan bereaksi dengan darah.

Ternyata, lektin lebih mudah bereaksi dengan golongan darah B. Artinya, diet golongan darah B harus mengandung makanan hewani dan nabati dalam jumlah seimbang. Tak hanya itu, Dr. D’Adamo mengutarakan bahwa nenek moyang golongan darah B merupakan kaum Nomad, yakni suku nomaden kuno yang pengembara sehingga memiliki kebutuhan makanan yang spesifik. Para leluhur dari kaum Nomad tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sistem pencernaan yang toleran, serta pilihan dietnya yang paling fleksibel di antara golongan darah lainnya. Dengan demikian, orang dengan dolongan darah B harus mengkonsumsi makanan yang lebih bervariasi daripada pemiliki tipe lain.

Diet golongan darah B sebaiknya terdiri dari konsumsi susu dalam jumlah besar, serta menghindari makan jagung, soba / mie jepang, kacang lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen karena dapat menyebabkan penambahan berat badan. Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, jenis daging yang direkomendasikan bagi pemilik darah B ialah kambing, domba muda, kelinci, dan ikan. B’timers dengan golongan darah B sebaiknya menghindari mengkonsumsi ayam, babi, dan bebek sebaiknya dihindari meski kalkun masih bisa dikonsumsi. Pemilik golongan darah B juga bisa mengkonsumsi daging sapi meski dalam jumlah yang terbatas. Jenis ikan yang terbaik bagi golongan darah B ialah ikan salmon, monkfish, dan ikan kerapu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Tubuh Bugar ala Rapper Drake
Stay Healthy dengan Diet Golongan Darah B | Breaktime
Tomat dan saus tomat jadi pantangan dalam diet golongan darah B

Buah dan sayuran merupakan bahan pangan yang baik dikonsumsi oleh setiap orang. Untuk menu diet golongan darah B, jenis sayuran yang bisa dikonsumsi ialah sawi, kembang kol, terong, kol putih, dan paprika. Buah terbaik bagi orang dengan golongan darah B ialah buah plum, selain buah pisang, anggur, nanas, dan pepaya. B’timers juga bisa mengkonsumsi jus lemon setiap hari untuk melunturkan lemak berlebih pada tubuh. Jenis buah yang jadi pantangan dalam diet golongan darah B ialah kelapa, alpukat dan buah delima. Sementara untuk sayuran, golongan darah B sebaiknya tidak mengonsumsi jagung, tomat, dan labu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Rahasia Setiap Nutrisi Dalam Makanan Kemasan!

Bagi pemilik golongan darah B, jenis biji-bijian yang diperbolehkan untuk dikonsumsi ialah beras putih, beras merah dan oatmeal. Sebaliknya, kacang lentil dan gandum hingga makanan berbasis gandum lainnya seperti roti dan pasta tidaklah disarankan sama sekali. Kacang-kacangan yang sebaiknya dihindari oleh orang dengan golongan darah B ialah kacang garbanzo, kacang tanah, biji wijen, dan kacang hitam. Adapun dengan produk olahan susu, golongan darah B dapat mengkonsumsu hampir semua makanan yang berbasis susu, kecuali keju biru dan keju Amerika yang disarankan untuk dihindari. Sebagai sayur yang sebaiknya dihindari aneka olahan tomat sebagai bumbu seperti saus tomat sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pemiliki golongan darah B, sama halnya dengan lada.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Melangsingkan Perut Ini Ternyata Cuma Mitos

Untuk asupan lemak, diet golongan darah B sebaiknya membatasi pada konsumsi minyak zaitun saja. B’timers juga disarankan untuk menghindari aneka makanan hingga kudapan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Biskuit gandum atau salad buah menjadi camilan sehat yang dapat dikonsumsi pemilik golongan darah B. Dalam hal minuman, beberapa jenis yang menjadi pantangan bagi golongan darah B ialah sulingan alkohol seperti brandy, wiski, gin, rum, dan vodka. Apakah B’timers pemiliki golongan darah B sudah siap melakukan program diet dengan aneka menu khusus di atas? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE