Ssstt, Ternyata Ini 5 Rahasia Diet Orang Jepang! | Breaktime
Ssstt, Ternyata Ini 5 Rahasia Diet Orang Jepang!
21.01.2016

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana tubuh orang Jepang selalu terlihat langsing tak peduli berapapun usianya? Ternyata, orang Jepang memiliki rahasia ilmu menjaga kerampingan tubuh yang sudah dipercaya dan diturunkan dari masa ke masa. Bagi orang Jepang, peduli terhadap bentuk tubuh sudah bagian dari karakter diri yang melekat. Lantas, apa rahasia diet mereka?

Nah, berikut 5 rahasia diet yang dilakukan orang Jepang agar tubuhnya tetap ramping dan ideal. Yuk, intip!

  • Memasak makanan mereka sendiri

Orang Jepang selalu memasak makanannya sendiri secara tradisional. Mereka sangat jarang mengonsumsi makanan cepat saji. Seperti yang kita tahu, memasak makanan sendiri akan memudahkan kita mengukur asupan makanan yang diperlukan untuk menjaga berat bdan dan bentuk tubuh.

Mereka hanya makan makanan sederhana seperti nasi, ikan, sayur, sup dan buah. Mereka juga makan asam lemak omega-3 yang berguna untuk hidup sehat dan panjang umur. Sebagai informasi, orang Jepang mengonsumsi sayuran 5 kali lebih banyak dari sayuran yang dimakan orang Amerika.

Ssstt, Ternyata Ini 5 Rahasia Diet Orang Jepang! | Breaktime
Orang Jepang jarang memakan fast food
  • Rajin melakukan peregangan

Perlu Anda ketahui bahwa orang Jepang sangat rajin melakukan peregangan. Setiap pagi sebangun dari tidur, mereka selalu menyempatkan untuk olahraga ringan. Selain itu, penduduk Jepang dikenal sangat suka bergerak.

Mereka lebih banyak berjalan ke kantor dan ke sekolah daripada menggunakan kendaraan umum apalagi kendaraan pribadi. Selain berjalan kaki, orang Jepang juga suka menggunakan sepeda kayuh yang masuk dalam jenis olahraga kardio.

  • Peduli terhadap kesehatan usus

Tahukah Anda bahwa ketika Anda memiliki usus yang rusak dengan mengonsumsi makanan alami, itu sangat sulit bagi tubuh untuk menyerap nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan berat badan. Orang Jepang makan makanan yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan kerusakan usus mereka sehingga tubuh mereka umumnya lebih sehat.

Mereka juga makan banyak makanan fermentasi seperti miso dan kimchi yang sangat baik untuk pencernaan. Ukuran porsi orang Jepang juga jauh lebih kecil dari ukuran porsi pada umunya sehingga pencernaan mereka tidak pernah harus bekerja terlalu keras untuk memproses makanan berat.

  • Menjaga postur tubuh

Tak heran jika orang Jepang selalu ramping karena mereka memang benar-benar menjaga postur tubuhnya. Untuk menjaga postur tubuhnya, mereka berlatih Tai Chi dan mengadopsi cara duduk yang dilakukan Seiza yang merupakan cara formal di Jepang. Mereka duduk dengan bertumpukan tumit yang bagus untuk peredaran darah.

Ssstt, Ternyata Ini 5 Rahasia Diet Orang Jepang! | Breaktime
Orang Jepang menjaga postur tubuh dengan latihan Tai Chi
  • Mewariskan ajaran dari generasi ke generasi

Inilah elemen terakhir untuk menjaga bentuk tubuh yang sering dilewatkan oleh banyak orang. Ya, pendidikan. Alangkah lebih baiknya jika kita menurunkan ajaran dari generasi ke generasi agar tradisi tetap terjaga. Hal inilah yang dilakukan orang Jepang. Mereka menurunkan ajaran ke setiap generasi setelahnya agar semua orang tetap peduli terhadap tubuhnya sendiri.

Bagaimana, B’timers? Anda tertarik untuk mempraktikkannya? (nap)

Share This Article