5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit | Breaktime
Smart Tips 5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit
07.01.2016

Banyak orang yang beranggapan bahwa meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh membutuhkan waktu lama. Namun, bagiamana kalau B’timers bisa melakukannya hanya dalam waktu 10 menit saja? Mungkinkah? Well, tidak ada yang tak mungkin di dunia ini kalau Anda belum mencobanya, bukan? Nah, berikut trik yang bisa Anda lakukan:

Melompat

5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit | Breaktime
Lakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu

Lisa Wheeler, manajer dari program kreatif Equinox’s national menganjurkan B’timers untuk meringankan kaki dengan cara melompat. Eits, bukan sembarang lompatan, ya! Anda harus mampu menggerakkan lengan, perut, kaki, dan pantat dalam waktu yang bersamaan. Lakukan gerakan ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Lakukan gerakan scorpion

5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit | Breaktime
Tahan posisi ini selama 30 detik

Berikutnya, Anda juga bisa melakukan gerakan scorpion. Dalam posisi berdiri, buka kaki Anda cukup lebar kemudian bungkukkan badan hingga kedua tangan menyentuh lantai. Setelah itu, angkat kaki kiri hingga ke belakang sampai posisi paha lebih tinggi dan tekuk lutut. Tahan posisi ini selama 30 detik. Lakukan secara bergantian.

Push-up 180

5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit | Breaktime
Tahan posisi ini selama 60 detik

Lakukan plank position dengan tangan berada di bawah bahu dan posisi kepala hingga kaki terbujur lurus. Setelah mencapai keseimbangan, cobalah perlahan-lahan memutar tubuh dengan dimulai dari tangan dan kaki kanan. Bila sudah, angkatlah tangan dan paha Anda secara perlahan dan tahan posisi ini selama 60 detik.

Butterfly extension

5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit | Breaktime
Lakukan 10 sampai 20 kali dalam seminggu

Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan posisi butterfly extension, ya! Duduklah di matras dengan posisi ujung telapak kaki saling bertemu. Setelah itu, tangkupkan kedua tangan Anda di depan dada. Setelah itu, perlahan-lahan selonjorkan kaki Anda dengan kedua betis yang agak terangkat ke udara.

Lakukan gerakan ini bersamaan dengan memundurkan punggung Anda seolah akan bersandar. Paling tidak punggung Anda membentuk sudut 45 derajat dengan matras. Tahan selama beberapa detik, kemudian kembalilah ke posisi awal. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 atau 20 kali dalam seminggu.

Shifting monkey

5 Gerakan Memperkuat Tubuh Kurang dari 10 Menit | Breaktime
Lakukan gerakan ini 20x dalam seminggu

Variasi gerakan lainnya yang juga bisa B’timers lakukan selama 10 menit adalah shifting monkey. Berdirilah tegak dengan posisi kaki yang lebih lebar dari pinggul. Setelah itu, turunkan pinggul hingga Anda berada di posisi jongkok yang rendah. Posisi ini menjadikan pantat Anda berjarak beberapa senti saja dengan lantai.

Setelah itu, tarik kaki kanan ke belakang dan pindahkan beban tubuh bagian kanan. Tahan posisi ini selama beberapa saat dan lakukan secara bergantian dengan menggunakan kaki kiri sebagai penopang tubuh. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali dalam seminggu.

Nah, itulah berbagai smart tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat kekuatan tubuh meningkat dalam waktu tak lebih dari 10 menit. Tertarik untuk mencobanya? (vsc)

Share This Article