Simpel Kok, Cara Hidup Sehat Pakai Tai Chi! | Breaktime
Simpel Kok, Cara Hidup Sehat Pakai Tai Chi!
30.07.2017

Ada sebuah persepsi yang salah, yang sudah terlanjur tumbuh di pikiran dan sanubari masyarakat, tentang keberadaan Tai Chi. Tai Chi pada dasarnya ditujukan hanya untuk para orang tua dan manula saja. No way, B’timers! Tai Chi sejatinya adalah sebuah ilmu penguasaan energi dan keseimbangan dalam tubuh yang diciptakan untuk siapa saja dan dari generasi usia mana saja, lho. Bahkan nih ya, anak-anak pun diperbolehkan untuk mempelajari gerakan-gerakan basic Tai Chi yang punya sejuta manfaat ini. Ya, Tai Chi bisa dijadikan cara hidup sehat yang ekonomis dan fleksibel untuk dilakukan kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Simpel Kok, Cara Hidup Sehat Pakai Tai Chi! | Breaktime
Tai Chi is meant for everyone.

Khasiat yang ditawarkannya tidak main-main, B’timers. Tai Chi ini memperbaiki postur tubuh yang selama ini mungkin kurang baik dan berisiko menjadi titik awal kemunculan sebuah penyakit. Kerennya lagi, Ia juga dapat meredakan stres melalui gerakan-gerakannya yang indah, lembut, dan mementingkan koordinasi seluruh bagian tubuh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Pokoknya, Anda bisa memulai dari gerakan yang sederhana terlebih dahulu. Baru lambat laun, Anda bisa banget mempelajari gerakan Tai Chi yang lebih kompleks dan membutuhkan keterampilan khusus. Paling awal, mulai saja dulu latihan Tai Chi Anda dengan gerakan yang disebut Dan Tian Breathing. Inti dari gerakan ini adalah untuk mengontrol nafas agar Anda jadi lebih rileks dan bisa menyerap udara ke paru-paru secara maksimal.

Letakkan satu tangan di bawah pusar dan satu tangan lagi di atas pusar. Tarik nafas menggunakan nafas perut sembari menekankan kedua tangan tadi ke atas perut. Selanjutnya, keluarkan nafas memakai kekuatan otot panggul dan otot perut bagian bawah. Anda wajib benar-benar merasakan bahwa otot Anda bekerja melalui proses pernafasan ini, ya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Suka Ngopi, Pikirkan Efek Samping Ini!

Lanjut pada gerakan Tai Chi yang kedua, Ia juga sama-sama tak membutuhkan posisi badan yang aneh-aneh kok. Namanya adalah Horse Stance. Di Indonesia, gerakan sejenis ini banyak juga disebut sebagai gerakan kuda-kuda. Rentangkan kedua paha dan bagian jari kaki kalau bisa diarahkan ke atas. Lalu, naik turunkan badan Anda agar otot kaki Anda menjadi tumpuan. Ulangi gerakan ini sampai beberapa menit sesuai kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri, ya. 

Simpel Kok, Cara Hidup Sehat Pakai Tai Chi! | Breaktime
Ilustrasi gerakan ball of energy

Kalau gerakan Tai Chi untuk cara hidup sehatyang berikut ini unik banget, B’timers. Modelnya mirip sekali dengan gerakan jurus kameha-meha pada serial animasi Dragon Ball. Hihi, gerakan Ball of Energy ini memang mengharuskan kita untuk membentuk posisi tangan bak sedang memegang sebuah bola imajiner. Bola ini disebut dengan julukan qi ball.

Untuk membuat sebuah qi ball, gosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai Ia terasa hangat. Setelahnya, pisahkan kedua telapak tangan namun tekan keduanya untuk menghadap pada satu sama lain tanpa saling bersentuhan. Anda pasti bisa merasakan seakan ada sebuah energi yang terjadi di bagian tengah kedua telapak tangan Anda, kan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Alami Mengecilkan Perut Anti Ribet

Nah, itulah yang disebut dengan qi ball. Pertahankan keberadaan qi ball yang telah Anda bentuk dengan merotasikan kedua telapak tangan di sekitarnya. Menurut ilmu Tai Chi sih, qi ball ini ibarat kumpulan energi kehidupan yang Anda miliki dalam hidup. Jadi kemungkinan filosofi dari gerakan ini ialah untuk senantiasa menjaga keseimbangan energi tubuh Anda agar penyakit pun enggan untuk mendekat. Pasalnya, gerakan ini memang bisa memberikan energi positif pada pikiran, yang mana adalah salah satu kunci dalam melaksanakan cara hidup sehat. (kps)    



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE