Siapa Bilang Gerakan Yoga Selalu Butuh Kelenturan Tubuh? Try This! | Breaktime
Siapa Bilang Gerakan Yoga Selalu Butuh Kelenturan Tubuh? Try This!
22.09.2015

Yoga merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk semua orang, termasuk B’timers yang tidak memiliki tubuh fleksibel. Meski yoga identik dengan gerakan meliukkan tubuh sedemikian rupa, ternyata ada gerakan-gerakan yang cukup sederhana seperti berikut ini:

Upward hand pose

Upward hand pose bermanfaat meregangkan pinggul, dada, bahu, dan perut
Upward hand pose bermanfaat meregangkan pinggul, dada, bahu, dan perut

Berdirilah tegak, kemudian tangkupkan kedua tangan di atas kepala. Secara perlahan busungkan dada dan aturlah pernafasan Anda. Gerakan upward hand pose ini sangat baik untuk melenturkan dan meregangkan bagian-bagian tubuh seperti halnya pinggul, dada, bahu, dan juga perut. Lakukan 15-30 menit setiap harinya dan rasakan perbedaanya.

Mountain pose

Mountain pose untuk mengatur ritme pernapasan
Mountain pose untuk mengatur ritme pernapasan

Mountain pose merupakan gerakan dasar yang sangat sederhana namun memiliki manfaat besar. Fungsi utamanya adalah melatih pernapasan agar makin stabil dan juga tenang. Cara untuk melakukannya sangatlah mudah, berdirilah dan katupkan tangan di depan dada kemudian buka dan lebarkan kaki, sejajarkan dengan pinggul. Setelah itu, ambilah nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan.

Half-standing Forward Bend

Menguatkan paha belakang dan punggung
Menguatkan paha belakang dan punggung

Untuk melakukan gerakan ini, B’timers harus mengambil posisi berdiri tegak. Kemudian secara perlahan bungkukkkan badan sampai sejajar dengan pantat, turunkan kedua tangan sampai mata kaki dan lihatlah ke depan. Gerakan ini sangat bagus untuk menguatkan bagian tubuh seperti halnya paha bagian belakang dan juga punggung. 

Plank pose

Mengokohkan otot bisep dan otot perut
Mengokohkan otot bisep dan otot perut

Untuk melakukan gerakan ini, langkah pertama adalah ambil posisi tidur tengkurap kemudian secara perlahan angkatlah tubuh dengan menggunakan tangan dan luruskan kaki belakang. Gunakan ujung jari sebagai penumpunya, seperti melakukan push up. Sejajarkan bahu dan luruskan posisi tubuh. Gerakan ini sangat bagus untuk memperkokoh otot bisep dan juga otot perut.

Itulah 4 gerakan yoga yang bisa B’timers lakukan dengan mudah meski tak memiliki tubuh yang lentur. Coba, ya!

Share This Article