Sering Memanaskan Makanan? Ketahui Bahayanya! | Breaktime
Sering Memanaskan Makanan? Ketahui Bahayanya!
26.05.2015

Kudapan yang masih mengepulkan asap dan mengeluarkan aroma harum memang lebih mengundang nafsu makan ya, B’timers? Hal inilah yang membuat kita sering memanaskan makanan supaya tetap hangat saat akan disantap. Tapi hati-hati, kebiasaan yang tampak sepele ini ternyata punya dampak yang kurang baik untuk tubuh dan bahkan bisa memicu timbulnya kelelahan.

Sebenarnya, setiap memanaskan makanan, berarti Anda juga ‘membuang’ kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jika proses pemanasan dilakukan berulang kali, maka lama-lama kandungan nutrisi dalam makanan bisa hilang. Dan yang tertinggal hanyalah ‘ampas’ yang sudah tidak memiliki manfaat apapun untuk tubuh. 

Nah, kalau B’timers terbiasa mengonsumsi makanan yang sudah sering dipanaskan, tentu saja tubuh akan mendapatkan lebih banyak nutrisi. Hal inilah yang akhirnya membuat tubuh terasa lemas dan mudah lelah.

Dampaknya akan lebih berbahaya lagi apabila makanan yang dipanaskan berbahan santan. Menurut Dr. Djoko Maryono DsPd, DsJp, FIHA, FACC, seorang pakar jantung Rumah Sakit  Pusat Pertamina, makanan berbahan santan yang dipanaskan secara berulang akan membentuk aseton. Zat ini merupakan sebuah kandungan radikal bebas yang kuat dan membahayakan kesehatan.

Makanan bersantan yang dipanaskan berkali-kali berbahaya untuk kesehatan
Makanan bersantan yang dipanaskan berkali-kali berbahaya untuk kesehatan

Terlebih lagi, aseton tersebut dapat menempel pada pembuluh darah dan menyebabkan plak yang bisa mempersempit atau menyumbat sirkulasi darah.  Sebenarnya, mengonsumsi santan itu baik untuk tubuh karena ada kandungan lemak baik fitosterol di dalamnya seperti yang terdapat dalam alpukat. Sayangnya, proses pemanasan berlebihan bisa menghilangkan kandungan baik ini.

Kalau selama ini B’timers sering merasa tubuh kurang bugar dan mudah lelah, coba kurangi kebiasaan memanaskan makanan. Lebih baik memasak secukupnya yang habis dalam sekali santap, sehingga tubuh bisa menikmati nutrisi maksimal dari bahan-bahan yang digunakan.

Share This Article