Sering Begadang Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya! | Breaktime
Sering Begadang Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya!
08.09.2016

Pesta larut malam, memenuhi deadline tugas, menonton film kesukaan. Inilah alasan kebanyakan orang memilih untuk begadang. Merupakan kebiasaan hidup tidak sehat, begadang terbukti bisa bikin gemuk, lho, B’timers. Menurut penelitian, begadang hingga larut malam bisa membuat berat badan bertambah hingga 5 tahun ke depan. Dan berikut alasan begadang bisa bikin gemuk, B’timers!

Sering Begadang Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya! | Breaktime
Sudah di tempat tidur, tapi masih main gadget?

Efek dari kurang tidur dan kebiasaan begadang

Tidak mendapatkan tidur yang cukup, ternyata tak hanya membuat Anda lelah. Kebiasaan buruk ini juga bisa membuat Anda gemuk. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian, di mana orang yang tidur hanya 5 jam setiap malam mengalami kenaikan berat badan sebanyak 2 pound. Alasannya karena mereka akan mengonsumsi camilan tidak sehat ketika begadang hingga larut, B’timers.

Kebiasaan tidur larut dengan kebiasaan ngemil

Mereka yang punya kebiasaan begadang, akan mengonsumsi lebih banyak kalori dalam bentuk makanan ringan setelah makan malam. Dibandingkan pilihan camilan sehat, orang-orang yang suka begadang jauh lebih memilih makanan penuh lemak dan karbohidrat, seperti pizza atau sandwich. Tak hanya itu, alasan begadang bisa bikin gemuk lainnya adalah, mereka mengonsumsi sarapan dalam porsi kecil, B’timers.

Baca juga : ADA HAL YANG DILARANG SETELAH MAKAN! APA ITU?

Ubah kebiasaan tidur untuk berat badan ideal

Jika Anda menggabungkan kebiasaan tidur sehat ke dalam program penurunan berat badan, Anda akan mendapatkan berat badan ideal, B’timers. Hal ini karena, saat tubuh kurang tidur dapat memperlambat metabilosme dan menyebabkan tubuh menggunakan lebih sedikit energi untuk menjalankan tugas yang sederhana, seperti bernapas dan makan.

Sering Begadang Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya! | Breaktime
Wah, ditambah makanan manis, pasti makin gemuk!

Alasan kurang tidur dapat meningkatkan nafsu

Dalam penelitian sebelumnya, kurang tidur yang berkepanjangan juga diduga dapat meningkatkan rasa lapar. Selain itu juga memperlambat tingkat pembakaran kalori, B’timers. Hmm, sudah tingkat kalori yang terbakar berkurang, masih ditambah mengonsumsi makanan tidak sehat. Bagaimana Anda tidak gemuk dengan kebiasaan ini, B’timers?

Nah, setelah tahu alasan begadang bisa bikin gemuk, Anda masih suka tidur larut malam, kah, B’timers? (NO)

Share This Article