Serba-serbi Diet Air Putih | Breaktime
Serba-serbi Diet Air Putih
16.09.2017

B’timers baru saja hendak melakukan program diet tapi bingung hendak memilih yang mana? Mulai dari diet COD ala Deddy Corbuzier, diet Keto ala Kim Kardashian, maupun diet ala KPop Idol yang terkesan tak realistis, manakah yang dijamin efektif dan efisien untuk menurun berat badan namun tetap sehat? Pernahkah Anda mempertimbangkan diet air putih sebagai salah satu diet andalan? Tak hanya mendapatkan berat badan ideal, diet air putih juga dipercaya paling sehat bagi para pelaku diet. Riset menunjukkan bahwa 30-59% pelaku diet di Amerika Serikat menambahkan jumlah konsumsi air mineral selama program diet mereka.

Secara umum, konsumsi air mineral memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan metabolisme dan konsentrasi. Tak hanya pelaku diet, semua orang disarankan mengkonsumsi air putih secara rutin sebanyak minimal 8 gelas per hari, tentunya dengan penambahan jumlah asupan air putih berdasarkan aktivitas fisik harian. Dokter Budi Wiweko, SpOG, pimpinan IHWG (Indonesian Hydration Working Group) menuturkan bahwa syarat utama untuk menurunkan ebrat badan ialah mengurangi konsumsi gula. Hal tersebut tentunya akan dengan mudah dilakukan dengan meningkatkan konsumsi air putih. Kok bisa demikian?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bisa Ditiru, Ini 3 Cara Diet Sehat

Rupanya, penyebab naiknya berat badan secara drastis ialah kecenderungan Anda untuk ngemil dan rasa lapar yang seakan tak pernah terpuaskan. Tak hanya karena perlu makan, perut seringkali tertukar antara sensasi lapar yang sebenarnya dengan keinginan tiada henti untuk mengudap. Rasa lapar semacam itu seringkali disebabkan oleh tekanan stress maupun keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu yang manis. Kiat untuk menyiasati godaan tersebut bisa B’timers lakukan dengan memperbanyak minum air putih. Standar banyak di sini dapat ditafsirkan secara berbeda oleh setiap individu, dengan berpatokan minimal 8 gelas per hari. B’timers dapat menambahkan asupan air mineral pribadi Anda apabila aktivitas fisik tergolong tinggi bahkan ditambah dengan berolahraga.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Birmingham pada tahun 2015 membuktikan bahwa salah satu cara ideal untuk menurunkan berat badan ialah dengan diet air putih, yakni minum setengah liter air mineral setengah jam sebelum makan. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa para pelaku diet yang melakukan hal tersebut terbukti mampu menurunkan berat badan hingga 4,3 kilogram dalam 12 minggu. Tak hanya mengurangi keinginan nyemil dan mengkonsumsi yang manis-manis, konsumsi air putih juga mampu meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh, yang disebut juga dengan resting energy expenditure. Pada orang dewasa, pembakaran kalori selama meminum air mineral dapat meningkat hingga 24-30% dalam 10 menit. Hal tersebut dapat bertahan hingga jangka waktu 60 menit. 

Serba-serbi Diet Air Putih | Breaktime
Air mineral bisa jadi menu andalan dalam program diet

Pada anak obesitas, jumlah kalori yang terbakar mampu menginjak angka yang cukup fantastis yakni sekitar 25% sesudah mengkonsumsi air mineral dingin. Penelitian lainnya pada wanita dewasa yang mengalami obesitas berupaya menguji manfaat penambahan konsumsi air mineral lebih dari 1 liter setiap harinya. Hasilnya, setelah lebih dari 12 bulan, para wanita tersebut mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kilogram. Hasil tersebut tentunya cukup mengesankan karena selain penambahan asupan air mineral, mereka tidak melakukan perubahan lainnya dalam hal gaya hidup.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Uniknya Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Diet air putih sebaiknya dilakukan dengan mengkonsumsi air mineral secara khusus selama setengah jam sebelum makan. Secara ilmiah, air mineral terbukti mampu mengurangi nafsu makan sehingga secara otomatis porsi makan Anda akan berkurang dengan sendirinya. Penelitian membuktikan bahwa hal tersebut hanya berlaku bagi orang dewasa dan lanjut usia saja, namun tidak berlaku bagi anak-anak, remaja, maupun dewasa awal. Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang berusia paruh baya yang memiliki obesitas diminta untuk mengkonsumsi air mineral sebelum makan. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan sebanyak 44% lebih banyak daripada kelompok lain yang tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Turunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih

Bagaimana, B’timers? Masih ragu untuk mulai melakukan diet air putih demi mendapatkan berat badan ideal yang Anda idamkan? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE