Seperti Apa Ransum Pack Tentara di Berbagai Belahan Dunia? | Breaktime
Seperti Apa Ransum Pack Tentara di Berbagai Belahan Dunia?
15.06.2015

Tidakkah B’timers penasaran bagaimana rasanya bertahan hidup di medan perang dengan makanan seadanya? Seperti pasukan tentara yang dikirimkan ke tempat konflik, semisal jalur Gaza. Ya, menyediakan makanan untuk tentara di zona perang adalah salah satu tantangan terbesar bagi kemiliteran.

Yang jadi nomor satu tentu adalah kesehatan para tentara. Dan hal terpenting berikutnya ialah makanan yang baik dan sehat. Satu paket makanan yang dikemas rapi dalam ransum pack diharapkan bisa menjadi morale booster, sekaligus membuat tentara ingat rumah saat mereka berada di medan perang.

Dibuat dengan teknologi mutakhir, ransum pack atau ration pack memuat berbagai macam makanan dan minuman kemasan dengan gizi komplit untuk tentara. Seperti apa isi ransum pack tentara di berbagai negara? Intip, yuk!

Isi ransum pack tentara Inggris dengan kemasan warna-warni
Isi ransum pack tentara Inggris dengan kemasan warna-warni

Tentara Inggris dibekali dengan brand terkenal mulai dari kopi Kenco dan teh Typhoo hingga botol mini Tabasco. Makanan utamanya ayam tikka masala dan pasta vegetarian. Tersedia juga daging babi dan kacang untuk sarapan, juga banyak permen dan camilan. Plus tak ketinggalan kantung teh.

Isi ransum pack tentara Amerika Serikat didominasi kemasan warna cokelat
Isi ransum pack tentara Amerika Serikat didominasi kemasan warna cokelat

Almond poppy seed pound cake, cranberry, sari apel non-alkohol, selai kacang dan crackers menjadi santapan yang Amerika banget untuk tentara perang. Sajian utama lebih tradisional, yaitu remah sayur dengan saus tomat pedas. Dengan canggih dan praktis, setiap makanan dikemas dalam bentuk bubuk, saat hendak makan cukup diseduh dengan air panas.

Isi ransum pack tentara Australia dalam porsi-porsi kecil
Isi ransum pack tentara Australia dalam porsi-porsi kecil

Kemasan untuk tentara Australia memang lebih kecil. Isinya Vegemite, biskuit isi selai dan satu tube susu kental manis. Juga dilengkapi sendok dan pembuka kaleng untuk menyantap keju cheddar Fonterra yang diproses. Makanan utama adalah bola daging dan pasta tuna chili. Juga tersedia banyak permen dan soft drink, serta dua batang cokelat dalam kemasan berlabel “chocolate ration” atau ransum cokelat.

Hm, terlihat praktis dan mudah dibawa, apa B’timers juga tertarik berbekal ransum pack untuk bepergian?

Share This Article