Sembuh dari Cedera Olahraga dengan Cara-Cara Ini | Breaktime
Sembuh dari Cedera Olahraga dengan Cara-Cara Ini
03.10.2016

B’Timers, berolahraga adalah kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga agar stamina Anda tetap sehat dan bugar. Akan tetapi sebelum melakukan kegiatan olahraga, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan olahraga pemanasan terlebih dahulu, agar syaraf dan sendi Anda tidak kaget sehingga Anda terhindar dari cedera. Akan tetapi, mungkin Anda berolahraga terlalu keras hari ini dan mengalami cedera ringan seperti kaki terkilir. Nah, sebelum cedera tersebut bertambah parah, Anda dapat sembuh dari cedera olahraga dengan cara-cara ini!

  • Istirahatkan bagian tubuh Anda yang cedera. Apabila Anda menderita kaki terkilir akibat berolahraga maka sebisa mungkin batasi aktivitas berjalan atau berlari. Apabila Anda menderita otot yang tegang di lengan, hindari aktivitas mengangkat barang-barang yang berat. Penggunaan bagian tubuh yang terkena cedera selama berkelanjutan dapat mengakibatkan lapisan otot robek maupun mengakibatkan retak dan patah tulang.
  • Kompres dengan es batu. Cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan sakit akibat terkilir. Saat otot Anda terkilir, pembuluh darah di sekitar tempat cedera akan mengalami pelebaran sebagai respons dari peradangan. Dengan mengompres bagian yang terkilir selama kurang dari 20 menit akan menyempitkan pembuluh darah kembali ke ukuran semula sehingga dapat menghilangkan memar. 
Sembuh dari Cedera Olahraga dengan Cara-Cara Ini | Breaktime
saat berolahraga cedera sering kala menghampiri kita
  • Apabila cedera Anda menyebabkan pembengkakan, tekan bagian yang cedera dengan membalut bagian yang cedera tersebut mulai dari bagian yang jauh dari jantung dan mengarah kembali ke area yang dekat dengan jantung. Jangan lupa untuk menggunakan perban atau pembalut yang elastis agar sembuh dari cedera olahraga yang dialami.
  • Usahakan posisi dari bagian yang cedera berada lebih tinggi dari jantung. Sebagai contohnya, apabila Anda menderita cedera kaki, maka saat Anda tidur, sanggalah bagian kaki yang cedera dengan bantal atau guling. Dengan demikian kaki Anda yang cedera berada lebih tinggi dari posisi jantung Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, B’timers bisa sembuh dari cedera olahraga tanpa perlu risau. (dk)

Share This Article