Sejuta Manfaat Semangka untuk KesehatanTubuh | BREAKTIME
Semangka, Pilihan Pas Jalani Healthy Diet
11.02.2015

Semangka terkenal sebagai buah yang dapat melepaskan dahaga di siang hari yang panas. Kandungan airnya yang cukup banyak membuat buah satu ini sangat nikmat dikonsumsi usai beraktivitas di luar ruangan. Perlu Anda tahu, buah ini juga baik untuk menurunkan berat badan, lho!

Tingginya serat dan rendahnya kalori semangka membuatnya sangat pas dikonsumsi saat diet. Lantas, manfaat apa saja yang diperoleh dari buah semangka? Yuk, baca informasi menarik yang sudah Breaktime rangkum berikut ini:

Menjaga Kesehatan Jantung

Semangka, Pilihan Pas Jalani Healthy Diet

Semangka tergolong buah yang kaya kandungan likopen sehingga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Likopen akan membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular dengan cara memperlancar aliran darah. Tak hanya itu, likopen juga akan mengoptimalkan  aktivitas osteoblas dan osteoklas sehingga terhindar dari bahaya oesteoporosis.

Mengurangi Lemak Tubuh

Semangka, Pilihan Pas Jalani Healthy Diet

Semangka banyak mengandung citrulin, yaitu asam amino yang diubah menjadi arigin oleh ginjal. Ketika dikonsumsi, citrulin akan mencegah aktivitas TNAP sehingga kandungan lemak dalam tubuh bisa berkurang. Dengan mengonsumsi semangka secara rutin, sama halnya menjaga berat tubuh ideal.

Antioksidan Baik

Semangka, Pilihan Pas Jalani Healthy Diet

Karetenoid likopen dalam semangka sangat berguna untuk mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Pastikan semangka yang Anda konsumsi matang dengan baik karena banyak mengandung fenolik yang baik untuk memelihara kesehatan.

Diuretik Alami

Semangka, Pilihan Pas Jalani Healthy Diet

Semangka dipercaya dapat memperlancar aliran urine sehingga racun-racun tubuh bisa keluar bersamaan dengan air kencing. Semangka juga membantu memelihara kesehatan ginjal dengan cara membuang limbah yang dihasilkan dari pencernaan protein.

Memelihara Kesehatan Mata

Semangka, Pilihan Pas Jalani Healthy Diet

Kandungan betakaroten yang cukup banyak dalam buah semangka dapat membantu degenerasi makula sehingga Anda akan terhindar dari penyakit katarak dan rabun senja. Vitamin A juga baik untuk memelihara kesehatan kulit, gigi, tulang dan selaput lendir.

Nah, itulah beberapa manfaat dari rutin mengonsumsi buah semangka. Pilihlah semangka organik yang lebih sehat jika dibandingkan dengan semangka non organik. Tentu saja tambahan zat kimia pada proses penanamannya bisa mengurangi kesegaran buah semangka. Lakukan yang terbaik untuk kesehatan, ya! 

Share This Article