Teliti Memilih Menu Berbuka untuk Bebas Kolesterol | Breaktime
Selektif Pilih Menu Berbuka, Bye-Bye Kolesterol!
01.07.2015

Selama bulan puasa, kegiatan melirik jam untuk menghitung mundur waktu berbuka adalah hal yang paling sering dilakukan, bukan? Terlebih ketika rasa lapar mulai menyerang, sejumlah makanan entah sehat atau tidak mulai “membanjiri” pikiran. Dalam situasi seperti ini, B’timers harus tetap bisa mengenali menu apa saja yang sebenarnya tepat untuk berbuka.

Dahulukan kurma

Tak diragukan lagi bahwa kandungan gula alami pada buah kurma memang efektif mengembalikan energi B’timers dalam waktu singkat sekaligus “memadamkan” keinginan melahap berbagai makanan tak sehat karena perut sudah terlanjur “tenang”.

Perbanyak air putih

Kebiasaan yang ada di masyarakat adalah mengawali menu berbuka dengan makanan yang terlalu manis karena dianggap mengenyangkan perut. Padahal, menurut dr. Phaidon L. Touran, praktisi natural health, minuman tak bergula seperti air putih sangat baik untuk mengembalikan elektrolit tubuh setelah berpuasa hampir 14 jam.

Konsumsi jus pisang dan melon

Jus pisang dan melon “ramah” bagi penderita maag
Jus pisang dan melon “ramah” bagi penderita maag

Nah, bagi Anda yang selama berpuasa memiliki masalah dengan nyeri lambung alias maag, menikmati segelas jus pisang dan melon dapat jadi pilihan. Selain mengenyangkan, tekstur lembut kedua buah ini akan membuat perut mampu mencerna sari-sari makanan lebih mudah.

Hindari gorengan berlebih

Menyantap jajanan gorengan yang hangat memang sering menggoda. Namun, berhati-hatilah karena makanan yang terbuat dari karbohidrat kompleks dan mengandung banyak minyak justru akan membuat dada B’timers seolah terasa terbakar setelah seharian berpuasa.

Hindari makanan pedas

Bila Anda penggemar makanan pedas nomer satu dan tak sabar untuk berbuka dengannya, tahan keinginan tersebut, ya! 
Makanan pedas cenderung mengandung banyak minyak dan garam di dalamnya sehingga akan meningkatkan produksi asam lambung dan gangguan masalah pencernaan. Gantilah dengan menu chicken steak atau lean beef yang kandungan minyaknya lebih sedikit.

Dengan memperhatikan jenis-jenis menu berbuka yang aman kesehatan, besar kemungkinan Anda akan terhindarkan dari masalah berat badan yang melonjak atau gangguan kesehatan seperti kolesterol meningkat saat usai bulan puasa dan lebaran nanti.

Share This Article