Selain Jalan Kaki, Tips Latihan untuk Marathon | Breaktime
Selain Jalan Kaki, Ini Tips Latihan untuk Marathon
22.06.2016

Lari marathon membutuhkan energi penuh, tak hanya itu B’timers juga harus fokus sepenuhnya untuk bisa sukses. Bahkan, ada latihan tersendiri yang bisa Anda lakukan sebelum menghadapi marathon. Apapun tujuan Anda mengikuti marathon, baik untuk menang maupun sekedar sampai di garis finish, berikut tips latihan marathon dari Breaktime:

Atur waktu latihan

Berlatih untuk marathon membutuhkan waktu beberapa bulan. Jadi sesuai kemampuan Anda berlari, persiapkan latihan dengan baik. Untuk pelari pemula sebaiknya berlatih 20 minggu sebelum marathon, 16 minggu untuk pelari menengah, 12 minggu untuk pelari unggul.

Melakukan pendaftaran

Termasuk tips latihan marathon berikutnya adalah mendaftar untuk marathon. Saat Anda membayar pendaftaran marathon, saat itulah latihan Anda dimulai. Mulailah persiapan dengan mengumpulkan rekan satu tim. Anda juga bisa mencari teman yang bisa memberikan sponsor untuk Anda.

Selain Jalan Kaki, Tips Latihan untuk Marathon | Breaktime
Latihan adalah kunci sukses marathon

Mempersiapkan latihan

Buatlah jadwal dan selalu pantau latihan Anda. Ini bisa memberikan Anda motivasi untuk terus berlatih. Pertama Anda bisa berlatih dengan berjalan kaki, lalu lari dengan rutin. Selain jalan kaki dan lari, kombinasikan dengan olahraga lain seperti berenang atau bersepeda untuk memperkuat seluruh tubuh Anda.

Mengatur pola makan

Selain olahraga, Anda juga harus menjaga asupan makanan dan cairan tubuh. Perbanyak makan makanan sehat seperti sayur dan buah, serta selalu hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih setiap hari. Istirahatlah yang cukup terutama beberapa hari sebelum hari H, dan sehari sebelum hari H lakukan olahraga ringan saja seperti lari.

Dengan mengikuti tips latihan marathon tadi, Anda akan bisa mengikuti kompetisi marathon dengan bugar dan siap berlari penuh semangat sampai ke garis finish. Exercise and prepare well, B’timers! (md)

Share This Article