Sejarah Kepopuleran Yoga yang Anda Tak Tahu | Breaktime
Sejarah Kepopuleran Yoga yang Anda Tak Tahu
25.04.2015

Sejarah Kepopuleran Olahraga Yoga

Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk menjaga kesehatan dan melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran, melakukan yoga salah satunya. Namun, dibalik populernya aktivitas ini, tahukah Anda bagaimana sebenarnya sejarah yoga?

Dalam bahasa Sanseskerta, kata “yoga” memiliki arti menyatukan diri dengan alam dan Sang Pencipta. Aktivitas ini dilakukan dengan mengontrol seluruh panca indera seperti mata, telinga, hidung, dan kulit untuk memusatkan pikiran pada meditasi yang sedang dilakukan. Aktivitas olah tubuh, pernapasan, dan meditasi ini tergolong memiliki usia yang sangat tua, terbukti dari penemuan postur yoga pada artefak kuno di era Shamanisme sekitar 3.000 SM.

Selain itu, keberadaan pertama yoga juga sempat ditemukan pada sebuah kitab kuno bernama Rig-Veda. Kitab ini berisikan topik-topik seputar doa, keharmonian ilahi, serta alam semesta. Lalu, siapakah orang yang pertama mengajar yoga? Adalah Maharsi Patanjali, seorang filsuf Hindu yang berperan penting dalam mengajar yoga. 

Namun, dikenalnya yoga hingga menjadi gaya hidup populer saat ini tak lepas dari peran seorang Doktor keturunan India bernama Swami Sivanda. Doktor Swami memperkenalkan yoga dengan menerbitkan tak kurang dari 200 buah buku serta mendirikan sekolah yoga di Amerika dan Eropa.

(Baca juga: Apa Benar Pemelihara Kucing Memiliki Resiko Alami Kebutaan Lebih Tinggi)

Pengendalian ego, salah satu tujuan utama yoga
Pengendalian ego, salah satu tujuan utama yoga

At a glance, yoga memang tampak sebagai teknik uang menguatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Namun, di dalam kitab Feuerstein 3 disebutkan bahwa tujuan awal yoga sebenarnya adalah untuk membawa perubahan pada seseorang melalui pengendalian ego.

Seiring dengan berjalannya waktu, Doktor Swami akhirnya mengembangkan 5 prinsip dasar keseimbangan dalam ajaran yoga modern yang meliputi keseimbangan relaksasi, olah tubuh, pernapasan, diet, serta pemikiran positif dan meditasi.

Nah, itulah sekelumit sejarah tentang yoga yang keberadaannya kini semakin berkembang pesat di masyarakat. Bagaimana dengan B’timers? Apakah Anda selama ini sudah menjalani yoga?

Share This Article