Sehatnya Aneka Makanan Diet Unik | Breaktime
Sehatnya Aneka Makanan Diet Unik
16.10.2017

Diet merupakan salah satu upaya yang dilakukan manusia modern untuk memperbaiki pola makan hingga mendapatkan bentuk tubuh ideal. Ada berbagai cara diet yang dapat B’timers lakukan, mulai dari mengurangi porsi makan hingga hanya mengkonsumsi satu jenis bahan pangan saja dalam periode waktu tertentu. Banyak selebriti dunia dan pemerhati fitness yang tak mau kalah dalam memberikan inspirasi mengenai metode diet masing-masing. Sebut saja diet ala girlband Korea, diet ala Kim Kardashian, hingga di Indonesia juga ada diet OCD ala Deddy Corbuzier.

Namun tahukah B’timers bahwa misi menurunkan berat badan tak berarti mengurangi asupan nutrisi tubuh? Melakukan diet bukan berarti tidak makan sama sekali lho! Hal itu jugalah yang menginspirasi diet OCD ala Deddy Corbuzier yang membebaskan Anda makan jenis makanan apapun namun di jam-jam tertentu dalam sehari. Tak hanya mengurangi berat badan, makanan diet yang tepat seharusnya mampu memenuhi kebutuhan gizi harian Anda sehingga bisa mendapatkan tubuh yang tak hanya ideal tapi juga sehat.

Buah-buahan merupakan salah satu bahan pangan yang sangat baik untuk program diet. Tak hanya diperkaya akan kandungan vitamin dan mineral, buah-buahan juga mampu memenuhi kebutuhan gula Anda dengan kalori yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi makanan pokok seperti nasi. Kandungan serat yang tinggi dalam aneka jenis buah juga mampu memenuhi kebutuhan serat yang dapat membantu tubuh Anda mencerna lemak secara alami. Bosan mengkonsumsi buah secara langsung? B’timers bisa juga mencampurkan potongan berbagai jenis buah dan memakannya sebagai salad.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Makan Ini

Selain salad buah, asupan vitamin dan mineral dari aneka varietas buah juga bisa Anda dapatkan dalam bentuk smoothie. Smoothie pada dasarnya merupakan aneka buah dan sayur yang diblender dengan campuran sesuai selera. Selain lezat, smoothie juga menyimpan khasiat sebagai sumber serat, vitamin, hingga mineral yang porsinya tergantung pada campuran bahan yang digunakan. Tak hanya bergizi tinggi, smoothie juga sangatlah ideal sebagai makanan diet karena dapat mempermudah proses penurunan berat badan. Agar lebih sehat, B’timers sebaiknya menghindari penggunaan pemanis tambahan ataupun keju pada smoothie.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sudah Coba Cara Diet Alami Ini Belum?

Salah satu menu diet yang cukup populer ialah yogurt dan oatmeal. Yogurt dibuat dari fermentasi susu yang kaya akan kandungan vitamin B12 dan B2 serta mineral dan fosfor. Kandungan gizi pada yogurt juga dapat membantu mengoptimalkan proses pencernaan serta pembakaran lemak pada tubuh. Sebagai makanan diet, yogurt sangatlah tepat untuk dicampurkan dengan oatmeal untuk menimbulkan rasa kenyang yang lebih awet. Dengan demikian, program diet akan berjalan lancar karena Anda tidak tergoda untuk mengudap atau mengkonsumsi makanan dalam porsi ekstra.

Sehatnya Aneka Makanan Diet Unik | Breaktime
Blueberry Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang sesuai dijadikan menu diet

Selain campuran yogurt, oatmeal juga dapat Anda konsumsi dengan tambahan buah blueberry. Rasa kenyang dan nilai gizi lengkap yang terkandung dalam oatmeal akan semakin sempurna dengan tambahan blueberry yang terbukti mampu membantu proses penurunan berat badan. Blueberry oatmeal dijamin mampu menjadi menu sarapan yang lezzat dan menyehatkan bagi program diet Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olahraga Ini Jadi Cara Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah sebagai makanan diet juga dapat Anda peroleh dalam wujud infused water. Sempat populer di Indonesia beberapa waktu lalu, infused water pada dasarnya hanyalah aneka potongan buah yang direndam dalam air mineral biasa lalu didiamkan beberapa saat sebelum diminum. Mengkonsumsi infused water selama program diet terbukti mampu menembah asupan vitamin dan mineral sehingga Anda tidak kekurangan gizi selama diet. Tak hanya itu, konsumsi air mineral dalam jumlah banyak juga dipercaya mampu membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. 

Sehatnya Aneka Makanan Diet Unik | Breaktime
Salmon sandwich tak hanya lezzat tapi juga kaya manfaat sebagai makanan diet

Kebanyakan orang yang sedang dalam program diet biasanya mengalami defisiensi protein karena makanan yang berprotein tinggi juga sekaligus kaya akan lemak. Padahal, hal tersebut tidaklah sehat karena protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Untungnya, dilema semacam itu bisa diatasi dengan konsumsi ikan salmon yang kaya protein namun rendah lemak. B’timers bisa mengkonsumsi sandwich salmon sebagai salah satu resep diet yang lezat sekaligus kaya nutrisi.

Selain lemak, asupan karbohidrat juga perlu dibatasi saat Anda melakukan program diet. Hal tersebut tentu sedikit mneyusahkan bagi orang Indonesia yang secara rutin mengkonsumsi nasi sebagai makanan utama. Selama diet, Anda bisa mengkonsumsi kentang rebus sebagai pengganti nasi. Kentang berkhasiat menyerap lemak dalam tubuh serta mengeluarkannya ebrsama kotoran. Sebaiknya Anda hanya mengkonsumsi kentang dalam bentuk rebusan, bukan digoreng, agar lebih sehat.

Buah lainnya yang tak kalah sehat dan berkhasiat sebagai komposisi menu diet ialah alpukat. Kandungan serat yang tinggi terbukti mampu mempercepat proses pencernaan lemak. Anda bisa mengkombinasikan alpukat dan kacang almond dalam bentuk puding sebagai salah satu alternatif menu diet menyehatkan. Semoga program diet Anda berjalan lancar dan tubuh Anda senantiasa sehat ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE