Sehatkan Diri Anda dengan Senam Unik Satu Ini | Breaktime
Sehatkan Diri Anda dengan Senam Unik Satu Ini
05.02.2016

Di dunia ini cukup banyak jenis senam yang dikhususkan untuk beberapa macam masalah penyakit. Seperti yang sudah B’timers ketahui sebelumnya, senam adalah sebuah olahraga yang bertujuan untuk membuat tubuh lentur serta lebih sehat.

Di antara beragam jenis senam, apakah Anda pernah mendengar senam Tai Chi? Olahraga senam ini berkembang di Cina sejak abad ke-16. Senam ini menggabungkan gerakan tubuh, olah pernafasan, dan meditasi. Berbeda dengan senam kebanyakan yang menggunakan gerakan cepat, tai chi lebih lambat dalam soal gerakan namun memiliki efek yang sangat terasa pada tubuh. Berikut pembuktiannya:

Sehatkan Diri Anda dengan Senam Unik Satu Ini | Breaktime
Tai chi akan membantu Anda lebih sehat mulai dari usia muda

1. Keseimbangan terjaga

Menurut seorang ahli, dr. Alvin Nursalim, pernah diadakan sebuah penelitian terhadap 156 orangtua yang memiliki rentang usia 70-92 tahun. Mereka yang berpartisipasi dalam penelitian diberi latihan senam tai chi sebanyak 3 kali selama seminggu. Dan latihan ini dilakukan selama seminggu berturut-turut.

Efek yang didapat adalah mereka yang melakukan olahraga tai chi akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga. Di usia yang sudah senja, postur tubuh serta tingkat kepadatan tulang sudah tidak seperti dulu lagi. Maka dari itu, keseimbangan seseorang yang sudah tua jauh lebih kecil.

2. Rasa percaya diri

Mereka yang sudah tua terkadang kurang percaya diri karena langkah mereka yang tertatih-tatih dan takut jatuh. Setelah mengikuti latihan ini, beliau-beliau yang sudah berusia tua bahkan ingin berjalan sendiri karena percaya bahwa dirinya tidak akan jatuh meskipun tanpa bantuan tongkat.

3. Jantung sehat

Gerakannya yang mudah namun mantap ketika dilakukan membuat tai chi menjadi salah satu senam yang menghindarkan seseorang dari penyakit jantung. Salah satu gerakan yang membuat jantung sehat adalah gerakan mengayun dan meditasi. Meditasi akan membuat jantung berdetak stabil, oleh karena itulah tai chi menurunkan risiko seseorang terserang penyakit jantung.

4. Otak semakin sehat

Seperti yang sudah dibahas di atas, tai chi melibatkan gerakan, meditasi dan juga pernafasan. Mereka yang melakukan tai chi akan terbebas dari gangguan pernafasan dan selain itu udara yang terhirup juga maksimal. Akibatnya, oksigen dengan kapasitas maksimal bisa diterima ke seluruh bagian tubuh dan khususnya otak.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda terima apabila melakukan senam tai chi. Tidak hanya untuk orang tua saja, Anda yang berusia masih muda juga bisa melakukan tai chi. Dan tentunya manfaat yang diterima juga sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba, B'timers. (wsu)

Share This Article