Salmon Ternyata Efektif Sembuhkan Dermatitis | Breaktime
Salmon Ternyata Efektif Sembuhkan Dermatitis
18.05.2015

Masalah peradangan merupakan jenis penyakit yang paling jamak terjadi pada tubuh manusia. Jenis dan penyebabnya pun sangat beragam. Radang sendi misalnya, seringkali muncul lantaran dipicu oleh kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Namun, umumnya penyakit ini jarang menimpa seseorang yang masih dalam usia muda.

Adalah radang kulit atau dermatitis, sebuah jenis penyakit yang terkenal tak pandang bulu dalam menyerang penderitanya. Dermatitis ini merupakan suatu reaksi alergi berupa gatal atau ruam pada kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Gejalanya biasanya berupa munculnya lepuhan berwarna merah di atas kulit, kemudian lepuhan ini akan pecah dan mengeluarkan cairan yang memicu timbulnya rasa gatal. Bila cairan tersebut mengering, kulit bersisik dan menimbulkan rasa sangat gatal.

Sounds so scary? Well, tenang B’timers! Ada sebuah makanan sehat yang bila Anda mengonsumsinya secara rutin ternyata mampu menyembuhkan peradangan kulit, yaitu ikan salmon yang kaya nutrisi penting berupa asam lemak omega-3.

Kandungan omega-3 salmon bisa sembuhkan dermatitis
Kandungan omega-3 salmon bisa sembuhkan dermatitis

Secara umum, semua jenis ikan memang mengandung nutrisi anti peradangan kulit ini, namun jumlahnya tak akan sebanyak yang bisa B’timers temukan pada salmon.  Untuk setiap penyajian salmon sebanyak 85 gram, ada kandungan asam lemak omega-3 sebanyak 2 gram yang akan diberikan pada tubuh untuk menurunkan kadar sang kolesterol jahat, LDL.

Dengan turunnya LDL dalam tubuh, maka masalah peradangan kulit pun akan dengan sendirinya mengalami penyembuhan yang cukup cepat. Selain itu, seorang ahli dermatolis dan profesor pengobatan di UCLA, Los Angles menuturkan bahwa asam lemak omega 3 memegang peran utama dalam mengganti dinding membran sel.

Dengan adanya asupan omega-3 yang cukup, dinding membrane sel akan menjadi lebih kuat dan kelembapannya pun terjaga, serta dapat menggantikan sel-sel kulit yang rusak akibat peradangan. 

Namun, bila B’timers ingin mengatasi masalah peradangan kulit dengan lebih cepat lagi, jadikan sayuran hijau, canola, flaxseed, atau walnut oils sebagai makanan pendamping. Alih-alih digoreng, B’timers bisa mengolah salmon dengan kandungan omega-3 salmon maksimal dengan cara memanggang atau merebusnya. 

Bila hidup sehat dengan menjaga kulit indah dapat dilakukan melalui konsumsi ikan selezat salmon, kenapa tidak?

Share This Article