Sakit Punggung? Usir dengan Cara Mudah Ini! | Breaktime
Sakit Punggung? Usir dengan Cara Mudah Ini!
29.01.2016

Sakit punggung tak hanya disebabkan oleh aktivitas berat seperti mengangkat banyak barang ketika pindah rumah, tapi juga karena posisi duduk, tidur dan berdiri yang tidak tepat. Salah satu langkah pencegahan tentu saja dengan menjaga postur tubuh. Bagaimana caranya?

Posisi duduk

Salah: Duduk dengan posisi membungkuk akan menyakiti leher dan otot bahu yang menyebabkan kekakuan. Begitu pula ketika Anda duduk terlalu merosot dan menyakiti tulang ekor, Anda akan mengalami nyeri pada punggung bawah.

Benar: Duduklah dengan posisi tegap atau lurus. Fokus pada perataan punggung dan luruskan leher Anda, serta sejajarkan bahu. Duduk dengan cara ini akan mencegah terjadinya neyri punggung.

Posisi berdiri

Salah: Menumpu berat tubuh dengan satu kaki adalah kesalahan yang paling sering dilakukan ketika sedang berdiri. Hal ini akan menyebabkan ketidak seimbangan pada tulang belakang Anda.

Benar: Seperti halnya duduk, posisi berdiri yang benar adalah posisi tegap dengan punggung yang lurus. Pastikan bahwa berat badan Anda ditumpu oleh kedua kaki dengan meletakkan berat badan di kedua tumit.

Sakit Punggung? Usir dengan Cara Mudah Ini! | Breaktime
Posisi tidur juga dapat mempengaruhi nyeri punggung

Posisi tidur

Sepertiga hidup Anda, lebih banyak dihabiskan di tempat tidur. Oleh karena itu, memperhatikan posisi tidur sangatlah penting untuk menghindari sakit punggung.

Salah: Tidur dengan posisi tengkurap, telentang, ataupun miring dengan kaki lurus sangatlah mungkin untuk menyebabkan masalah pada punggung Anda.

Benar: Tidurlah dengan teknik yang disebut dengan stretch-lying. Posisi tidur dengan teknik ini akan membantu mengurangi tekanan pada saraf dan persendian Anda. Caranya adalah dengan meletakkan bantal dibawah lutut Anda dan meletakkan tangan pada pinggul serta mendorong bahu jauh dari pinggul. 15 menit dalam posisi ini, akan membantu Anda mengistirahatkan otot dan saraf pada punggung.

Selain menjaga posisi yang tepat ketika beraktivitas, sebisa mungkin hindari posisi membungkuk karena dapat menyakiti punggung Anda. Bahkan jika seringkali membungkuk, tak menutup kemungkinan terjadi peradangan pada tulang belakang Anda. (dfr)

Share This Article