Sagu, Kuliner Nusantara yang Kaya Nutrisi | BREAKTIME
Sagu, Kuliner Nusantara yang Kaya Nutrisi
09.03.2015

B’timers, coba sebutkan apa saja nutrisi yang terkandung dalam sagu! Ya, sagu yang menjadi  makanan pokok di daerah timur Indonesia ini mengandung begitu banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan.

Tak percaya? Coba saja simak informasi dari Breaktime mengenai berbagai kandungan nutrisi dalam sagu berikut ini: 

Serat 

Meski tak memiliki serat sebanyak sayuran berdaun hijau, namun tetap saja sagu masih menyimpan nutrisi yang baik untuk memperlancar metabolisme ini. Selain itu, sagu juga rendah kalori sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Kalori

Kaya kalori namun rendah lemak dan gula merupakan keunggulan sagu, sehingga tidak heran bahan satu ini bisa dijadikan makanan alternatif pengganti nasi untuk Anda yang menderita diabetes. Dalam 100 gram sagu terdapat 350 kalori dan 2 gram lemak, cocok sekali dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat.

Karbohidrat

Per hari, manusia membutuhkan 2000 kalori yang 45 hingga 65% di antaranya terdiri dari karbohidrat. Nah, kebutuhan karbohidrat ini bisa terpenuhi dengan mengonsumsi 900 sampai 1300 gram sagu. Kalau bosan menyantap sagu dalam jumlah besar, padukan dengan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi, kentang, dan gandum.  

Vitamin dan mineral

Dengan menyantap 100 gram sagu, Anda bisa memenuhi sekitar 7% dari kebutuhan harian vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari sagu antara lain kalsium, potasium, dan sodium. 

Dengan begitu banyaknya kandungan bermanfaat yang ada dalam sagu, sesekali tak ada salahnya B’timers mencoba menjadikan bahan makanan ini sebagai sajian utama!

Share This Article