Panduan Tepat Sebelum Melakukan Treadmill | BREAKTIME
Running a Treadmill? Hindari Hal Ini!
06.02.2015

Saat kesibukan menggunung dan tak ada cukup waktu untuk berolahraga, berlari di atas treadmill bisa jadi salah satu solusi utama. Dengan datang ke pusat kebugaran ataupun memanfaatkan treadmill yang ada di rumah, B’timers bisa tetap ‘meneteskan’ keringat tanpa perlu terbatasi dengan waktu.

Meski berlari di atas treadmill merupakan salah satu alternatif olahraga yang praktis, namun Anda tak boleh sembarangan saat melakukannya. Coba tengok the 4 most important treadmill rules ala Breaktime berikut ini:

Jangan salah pilih sepatu

Running  a Treadmill? Hindari Hal Ini!

Meski Anda hanya berolahraga di rumah, jangan sepelekan pemilihan alas kaki ini. Gunakanlah sepatu yang memiliki bantalan tambahan pada bagian telapak kaki untuk melindungi tumit dan tulang kaki secara optimal.

Jangan sering membungkukkan badan

Running  a Treadmill? Hindari Hal Ini!

Membungkukkan badan ke depan menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan dan meningkatkan risiko nyeri punggung. Sebaiknya, jagalah postur tegak B’timers agar semua otot-otot bergerak dengan baik. Jika tidak bisa mempertahankan postur tersebut dalam waktu lama, sebaiknya kurangilah kecepatan treadmill Anda.

Don’t overtraining

Running  a Treadmill? Hindari Hal Ini!

Terlalu ngotot untuk mendapatkan tubuh langsing dalam waktu singkat dapat menyebabkan nyeri otot usai latihan. Sebaiknya, tingkatkan intensitas latihan secara bertahap agar tubuh dapat beradaptasi dengan baik. Istirahatlah saat B’timers merasa denyut jantung meningkat tajam. Jangan lupa untuk menyediakan air putih di samping alat treadmill untuk menghindari dehidrasi.

Jangan memegang bar treadmill

Running  a Treadmill? Hindari Hal Ini!

Untuk membakar banyak kalori, jangan memegang bar saat Anda sedang berlari di atas alat treadmill. Berlarilah seperti biasa layaknya berada di lintasan terbuka. Dengan begitu, tubuh akan lebih leluasa untuk bergerak sehingga bisa membakar lemak lebih banyak.

Jangan lupa juga selalu lakukan pemanasan ringan sebelum latihan untuk menghindarkan cedera pada tulang kaki. Stay healthy with treadmill, B’timers!

Share This Article