Renang Memperbaiki Kesehatan Mental, Benarkah? | Breaktime
Renang Memperbaiki Kesehatan Mental, Benarkah?
08.03.2016

B’timers pasti mengenali renang sebagai salah satu olahraga yang mampu memberikan dampak pada penurunan berat badan. Ada pula yang berpendapat bahwa renang dapat menambah tinggi tubuh jika dilakukan pada masa pertumbuhan tulang. Secara garis besar jelas memang renang baik untuk tubuh Anda, namun ternyata khasiat renang tidak hanya itu lho. Penelitian terbaru menyatakan bahwa renang berfungsi pula untuk memperbaiki mental manusia. Seperti apa, ya?

Menstimulasi sel otak

Renang tidak hanya melepaskan hormon endorphin yang membuat kita merasa rileks, tetapi renang juga mendorong pertumbuhan sel otak Anda. Dengan menstimulasi sel otak untuk terus berkembang, B’timers akan dapat mengurangi kondisi stres yang Anda derita. Beberapa psikoterapis bahkan menjadwalkan renang sebagai bagian dalam proses pengobatan pasien. Renang dianggap sebagai metode baru meditasi selain yoga.

Renang Memperbaiki Kesehatan Mental, Benarkah? | Breaktime
Beban pikiran seketika menghilang dengan berenang

Kerabat dekat dengan yoga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa renang dianggap sebagai metode baru untuk meditasi seperti yoga. Renang memiliki khasiat hampir sama dengan yoga. Renang membutuhkan peregangan otot-otot tubuh dan proses pernapasan yang berirama. Layaknya bermeditasi, renang dapat mengurangi stres, dan memperbaiki kesehatan mental sekaligus emosional jika dilakukan secara rutin. B’timers dapat menjadwalkan renang sebagai alternatif lain kala Anda tidak bisa mengikuti kelas yoga Anda.

Renang Memperbaiki Kesehatan Mental, Benarkah? | Breaktime
Gerakan repetitif yang membantu pendistribusian nutrisi ke otak

Memperlancar peredaran darah

Layaknya olahraga lainnya, renang juga dapat membantu peredaran darah B’timers menjadi lebih lancar. Namun, dalam berenang dampaknya lebih terasa karena dilakukan dalam air. Penelitian di Australia menemukan bahwa terdapat hubungan antara berendam dalam air hangat dengan pergerakan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah juga berarti banyak nutrisi yang tersalurkan pada otak Anda sehingga B’timers dapat lebih cepat berpikir dan mengolah emosi.

Selain sehat dan mental semakin kuat, renang tetap menyenangkan untuk dilakukan di berbagai kesempatan. Nah, musim kemarau akan segera menghampiri B’timers. Bukankah matahari yang cerah justru waktu yang tepat untuk membawa pakaian renang dan bermain air bersama teman Anda? (ft)

Share This Article