Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk! | Breaktime
Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk!
11.04.2016

Kepenatan seringkali menghampiri Anda setiap hari. Memang terkadang melakukan sedikit gerakan peregangan akan mampu melemaskan otot tubuh B’timers. Lewat gerakan-gerakan peregangan mudah berikut ini, tubuh B’timers dijamin akan lebih segar dan siap menghadapi tantangan setiap harinya.

Forward fold

Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk! | Breaktime
Lakukan perlahan-lahan agar tidak terjadi cidera yang parah

Gerakan yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja. B’timers mulai dengan berdiri meluruskan kaki. Perlahan lipat tubuh dan berupaya agar ujung  jari tangan menyentuh lantai. Untuk Anda yang masih pemula bisa menekuk lutut sedikit agar ujung jari menyentuh lantai. Lakukan selama setidaknya 20-30 detik untuk meregangkan paha belakang dan otot kaki belakang.

Side stretch

Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk! | Breaktime
Bawa ujung tangan kanan menyentuh lutut kanan untuk hasil maksimal

Masih dalam posisi berdiri tegak dengan kaki rapat. B’timers tarik napas dalam-dalam. Hembuskan sambil memiringkan tubuh ke kanan dibarengi dengan ujung tangan kanan turun hingga ke lutut. Jangan biarkan pinggul Anda terbawa miring ke kanan dan usahakan postur tubuh tetap lurus. Balas sebelah kiri dan lakukan beberapa kali untuk meregangkan otot-otot tubuh bagian samping.

Cobra pose

Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk! | Breaktime
Gerakan yoga dasar yang paling muda Anda ikuti

Gerakan cobra ini dapat B’timers mulai dengan tidur tengkurap sambil meletakkan kedua tangan dekat dengan bahu dan telapak tangan menyentuh lantai. Perlahan luruskan tangan sambil mengangkat tubuh bagian atas hingga punggung membentuk lengkung. Tahan selama 20-30 detik untuk meregangkan otot bahu, leher, dan tulang belakang.

Half-kneeling stretch

Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk! | Breaktime
Posisikan lutut kanan jangan sampai melebihi ujung kaki kanan

B’timers mulai dengan meletakkan lutut kiri dan kaki kanan di lantai sambil meletakkan tangan di lutut kanan. Perlahan bawa tubuh miring ke depan dan pastikan lutut kanan tidak melebihi ujung kaki kanan. Balas untuk kaki lawannya dan lakukan selama beberapa kali.  Gerakan ini mampu memberikan peregangan pada area pinggang untuk melemaskannya dari beragam aktivitas seperti berlari atau duduk.

Assisted chest stretch

Regangkan Tubuh dengan Gerakan Mudah Ini, Yuk! | Breaktime
Salah satu contoh salah karena kedua kaki tidak sejajar berdampingan

Untuk gerakan satu ini, Anda harus menggunakan alat bantu berupa jendela, pintu atau apapun yang bisa digunakan sebagai pegangan. Berdirilah dekat alat tersebut dan pegang bingkai jendela dengan tangan kiri setinggi bahu. Putar badan agar otot dada dan bahu terasa terbuka dan meregang. Balas dengan tangan kanan dan ulangi beberapa kali.

Melakukan peregangan dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Tubuh yang lentur akan mengurangi risiko B’timers cedera selama melakukan aktivitas sehingga melakukan peregangan jelas sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Lakukan secara rutin di pagi hari dan malam hari agar tubuh terasa rileks dan tidak mudah capek. Selamat mencoba, B’timers! (ft)

Share This Article