Rahasia Buah Semangka yang Harus Anda Tahu | Breaktime
Rahasia Buah Semangka yang Harus Anda Tahu
05.06.2015

Buah semangka memiliki rasa manis menyegarkan, terutama jika dikonsumsi di siang hari saat matahari menyengat dengan hebatnya. Kandungan air yang sangat banyak di dalam buah satu ini juga pas dijadikan pengganti cairan tubuh selain air putih.

Tak hanya itu saja, buah satu ini ternyata memiliki segudang rahasia kesehatan yang layak B’timers tahu seperti berikut ini:

Smoothies semangka
Smoothies semangka

Penangkal kanker

Kandungan lycopene yang sangat tinggi di dalam buah semangka bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker yang berada di lingkungan sekitar. Kandungan lycopene sendiri merupakan antioksidan yang banyak ditemukan pada buah berwarna merah seperti halnya tomat, jambu air, pepaya, dan juga wortel. 

Tinggi air tanpa lemak

Buah semangka mengandung 92% air di dalamnya dengan kalori yang sangat rendah. Dalam 100 gram semangka, hanya terdapat 30 mg kalori. Satu kelebihannya lagi, semangka tidak mengandung lemak jahat penyebab kolesterol sehingga aman untuk para dieters!

Agen detoksifikasi

Buah semangka memiliki kandungan citrulllin, asam amino yang digunakan oleh tubuh untuk proses detoksifikasi atau pembersihan ginjal dari berbagai macam kotoran yang diakibatkan oleh makanan tidak sehat.

Mempertajam penglihatan

Seperti halnya wortel yang memiliki kandungan beta-karoten yang sangat tinggi, buah semangka juga kaya akan zat yang baik untuk kesehatan mata ini. Jadi, B’timers yang bermasalah dengan rabun jauh atau rabun dekat, bisa memperbanyak konsumsi semangka!


Mengandung 3 vitamin sekaligus

Semangka mengandung 3 vitamin sekaligus, yaitu vitamin A, beberapa jenis B seperti vitamin B6, B5, B2, dan B1, serta vitamin C. Bayangkan saja, dalam sebuah sebuah semangka Anda bisa mendapatkan begitu banyak manfaat dari beraneka jenis vitamin.

Yuk, mulai sekarang konsumsi buah semangka secara rutin dengan membuatnya sebagai olahan sehat seperti salad atau ice cream semangka misalnya. Let’s eat water melon!

Share This Article