Rahasia agar Tak Mudah Lapar | BREAKTIME
Rahasia agar Tak Mudah Lapar
10.03.2015

“Eat food. Not too much. Mostly plants.” 
-Michael Pollan-

B’timers merasa kesulitan dalam mengontrol nafsu makan? Atau malah sering membohongi pola makan demi memenuhi keinginan makan berlebih? Kalau memang seperti itu kasusnya,  Anda memerlukan beberapa tips ala Breaktime yang akan membuat nafsu makan terkontrol dengan baik seperti berikut ini:

Mengenali rasa lapar

Kapan Anda harus makan? Pertanyaan ini sangat sederhana, namun jawaban yang salah bisa jadi membawa Anda pada pola makan berlebih yang tentu saja tidak sehat. Saat Anda merasa lapar padahal baru saja menyantap sepiring nasi, bisa jadi hal ini hanyalah lapar ‘palsu’. Nafsu makan bisa muncul lagi hanya gara-gara Anda melihat makanan yang tampak enak atau mencium aroma yang menggugah selera. 

Namun saat B’timers merasa lapar yang disertai dengan kepala pusing, tubuh berkeringat, dan mata berkunang-kunang, maka waktu makan tak boleh ditunda lagi. Berbagai gejala tersebut timbul akibat tekanan darah yang turun drastis dan juga berkurangnya energi dalam tubuh.

Makan setiap 4-5 jam sekali

Jika B’timers kesulitan untuk mengingat kapan terakhir makan, set alarm setiap 4 hingga 5 jam sekali. Makan setiap 4-5 jam sekali akan menghindarkan Anda dari kebiasaan over eating karena tubuh tetap dalam keadaan kenyang dan nyaman. Menurut Kate Geagan, penulis buku Go Green Get Lean: Trim Your Waistline with the Ultimate Low-Carbon Footprint Diet, pola makan semacam ini juga akan menjaga kestabilan gula darah dan energi dalam tubuh. 

Tidak melewatkan sarapan 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa sarapan memberikan manfaat baik pada orang yang sedang diet. Selain itu, orang yang terbiasa sarapan juga akan merasa lebih berenergi serta tidak mudah lapar di siang dan sore hari. 

Konsumsi lebih banyak serat

Mengonsumsi fiber sebesar 25 gram per hari akan membantu tubuh kenyang lebih cepat. Selain itu, mendapatkan asupan serat dalam jumlah cukup setiap harinya juga bisa menurunkan risiko terserang diabetes dan gangguan jantung, seperti yang disebut dalam Journal of the American Dietetic Association.

Membohongi pola makan sama saja dengan merusak program diet yang sedang dijalani. Maka dari itu, mulai saat ini bijaklah dalam mengatur pola makan dan lakukan yang terbaik untuk tubuh Anda!

Share This Article