Puasa Tak Cuma Baik untuk Tubuh, Tapi Juga untuk Dompet | Breaktime
Puasa Tak Cuma Baik untuk Tubuh, Tapi Juga untuk Dompet
03.05.2015

Bagi B’timers yang beragama Islam, pastinya tak asing lagi dengan puasa sunnah Senin-Kamis yang diajarkan Nabi Muhammad, bukan? Puasa sunnah satu ini memang memiliki banyak sekali kelebihan.

Selain sebagai amalan mulia yang dapat menjadi “investasi” pahala di akhirat nanti, puasa Senin-Kamis juga memiliki banyak sekali pengaruh positif pada kesehatan tubuh. Nah, manfaat apa saja sih yang bisa Anda dapatkan jika rutin menjalankan puasa sunnah? Yuk, intip ulasan menariknya:

Menetralkan racun

Direktur dari Prevention Research Center di Yale University, David Katz, MD, MPH, menuturkan bahwa puasa memiliki dampak positif pada kesehatan sejumlah organ tubuh seperti liver dan ginjal. Selain itu, puasa juga akan menghilangkan serta menetralisir racun sehingga sel-sel tubuh selalu terjaga dalam keadaan sehat.

Menyehatkan jantung

Berdasarkan dua penelitian dari Utah’s Intermountain Medical Center yang hasilnya disampaikan pada sesi diskusi ilmiah American College of Cardiology, puasa paling tidak sekali dalam sebulan ternyata juga bisa mencegah penyakit jantung lho. Well, kalau puasa sekali dalam sebulan saja sebegitu besar manfaatnya, apalagi dengan puasa rutin Senin-Kamis ya?

Sisihkan uang B’timers untuk beramal yuk
Sisihkan uang B’timers untuk beramal yuk

Meningkatkan rasa syukur

How could you not be grateful to break your fast? Momen “emas” berbuka puasa Senin-Kamis inilah yang akan menjadikan Anda bisa jadi lebih banyak bersyukur atas semua nikmat yang ada selama ini. Rasa lapar dan haus yang mendera membuat Anda sejenak berpikir bahwa kecukupan makanan yang ada selama ini patut disyukuri, not simply take it for granted.

Mengerem pengeluaran

Bila selama ini B’timers termasuk orang yang susah untuk mengerem pengeluaran karena gemar untuk nongkrong di sejumlah café dengan menikmati berbagai menu kulinernya, it’s time to save your expenditure! Waktu yang biasa digunakan untuk jajan akan teralihkan untuk mengerjakan hal lain yang lebih produktif dan bikin B’timers jadi lebih hemat.

Bila ada cara mudah yang berpahala, menyehatkan, dan bikin pengeluaran jadi lebih hemat dalam satu paket, kenapa B’timers tidak mencobanya? Mulai pekan depan, setting alarm B’timers untuk bangun di sepertiga malam, yuk!

Share This Article