Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar! | Breaktime
Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar!
06.09.2017

Yoga sudah dikenal masyarakat sejak beberapa tahun yang lalu. Salah satu olahraga yang mengutamakan ketenangan setiap pelakunya ini kini semakin digemari oleh banyak orang, khususnya ibu-ibu yang ingin membuat tubuh mereka tetap slim dan pikiran juga tetap fresh. Tak heran jika banyak kelas yoga untuk pemula yang bisa diikuti. Yoga sendiri terlihat sangat mudah, namun jangan salah, ketika mencoba satu gerakannya sudah membuat Anda kelelahan meskipun sebentar.

Sebenarnya, tidak susah untuk memulai gerakan yoga, yang terpenting Anda tahu bagaimana cara yang benar dan kiat-kiat penting untuk pemula. Nah, daripada Anda hanya ikut-ikutan mengikuti yoga, sebaiknya kenali tips-tips berikut ini dulu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jenis-Jenis Olahraga Buat Ibu Hamil Lebih Tenang

Untuk melakukan yoga, Anda harus punya komitmen. Dalam hal ini adalah komitmen untuk melakukan latihan secara rutin dan teratur. Memulai memang bukan hal yang sulit, tetapi menjaga komitmen itulah yang lebih sulit. Latihan yoga memang membutuhkan kedisiplinan agar bisa merasakan manfaat dan efek yang telah dijalankan.

Dalam melakukan latihan yoga sebagai seorang pemula juga harus fokus pada latihan pernafasan. Banyak yoga pemula yang tidak memahami manfaat dan prinsip ini, sehingga meskipun telah melakukan latihan rutin, mereka tetap belum bisa mendapatkan efek yang berarti. Fokus pada pernafasan bisa membantu memberi kesatuan pada tubuh dan pikiran. Mengatur nafas dengan baik selama latihan akan membuat gerakan tubuh lebih sinkron.

Tetapi Anda juga harus memahami keterbatasan diri. Prinsip ini juga sangat penting dalam yoga untuk pemula untuk meningkatkan kualitas latihan. Dalam gerakan yoga yang terpenting adalah fungsi, bukan bentuk dari gerakan itu sendiri.

Lakukan juga gerakan yoga yang dinamik dan statis. Hal ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mambu membantu menyiapkan otot serta sendi untuk melakukan peregangan yang semakin dalam. Perlu diingat juga bahwa latihan yoga bukanlah merupakan kompetisi. Jangan melakukan latihan yoga di luar batas kemampuan Anda. Mengagumi gerakan yoga orang lain memang wajar. Namun yoga bukanlah kompetisi dalam hal itu, melainkan untuk diri Anda sendiri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Lari Pagi Ini Tak Ada Yang Menduga

Nah, sebagai pemula dalam yoga, Anda bisa coba melakukan gerakan-gerakan sederhana ini di rumah. Jadi B’timers tak melulu mengikuti kelas yoga di luar. Gerakan-gerakan ini juga memiliki fungsi dan manfaat yang sama jika dilakukan dengan baik dan teratur.

Seated Yoga Pose

Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar! | Breaktime
Seated Yoga Pose

Sebagai pemula, lakukan gerakan ini untuk pertama kali. Anda harus menguasai cara duduk yang benar. Gerakan duduk yang baik dalam yoga adalah dengan duduk bersila dan posisi tubuh tegap, dada dibusungkan ke depan, kepala diangkat ke atas, namun tetap rileks. Nah, gerakan ini tujuannya untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh.

Cat-Cow Pose

Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar! | Breaktime
Cat-Cow Pose

Gerakan ini mungkin banyak sekali dikenal oleh Anda. Yap, gerakan seperti seekor kucing ini dilakukan dengan menumpukan badan di kedua telapak tangan. Setelah itu gerakkan tubuh melengkung ke dalam dan dagu mengarah ke dada, lalu gerakkan tubuh melengkung ke luar. Lakukan beberapa kali untuk mengatasi sakit punggung.

Downward-Facing Dog

Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar! | Breaktime
Downward-Facing Dog

Posisikan tubuh menjadi huruf V terbalik. Kemudian angkat pergelangan kaki dengan posisi berjinjit, kembali seperti semula, lalu jinjit lagi. Lakukan berulang selama beberapa kali. Gerakan yang satu ini berfungsi untuk melatih fleksibilitas tubuh.

BACAJUGA

Standing Yoga Pose

Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar! | Breaktime
Standing Yoga Pose

Ketika berdiri, angkat kaki kanan menghadap ke atas dengan sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut. Sedangkan tangan kiri mengarah lurus ke depan. Usahakan pandangan juga tetap ke depan. Gerakan ini punya manfaat membentuk tubuh dan membantu peregangan pada bagian bahu, perut, dada, dan pinggul.

Gerakan-gerakan lainnya yang bisa Anda lakukan juga ada, seperti Child Pose, Back Pain Pose, dan Baby Pigeon Pose. Nah, Anda bisa melakukannya ketika sedang santai di rumah atau saat bangun tidur. Lakukan selama beberapa menit semua gerakan ini. Tapi ingat, yang penting dalam yoga untuk pemula adalah komitmen. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE