Pisang vs Telur, Mana yang Lebih Baik untuk Diet? | Breaktime
Pisang vs Telur, Mana yang Lebih Baik untuk Diet?
04.06.2015

Menjalankan program diet dan mengubah kebiasaan yang selama ini kita lakukan setiap hari tentu tidak semudah itu ya, B’timers. Namun dengan tujuan jangka panjang diet yang membuat pola makan dan pola hidup terjaga agar tetap sehat, rasanya itu sepadan dengan usaha yang membutuhkan kesabaran dan komitmen. Nah, bicara soal diet, apa makanan diet favorit Anda?

Tentu buah dan sayuran menjadi sajian utama untuk diet. Tetapi, kali ini kita akan membahas dua makanan yang kaya karbohidrat dan protein, dan membandingkan mana yang paling cocok untuk diet dilihat dari kandungan karbohidrat, lemak, kalori dan proteinnya. Dua makanan yang menjadi hot topic kita adalah pisang dan telur. Yap, kedua makanan ini masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang beragam, lho.

 

Pisang kaya karbohidrat dan bisa menjadi pengganti nasi
Pisang kaya karbohidrat dan bisa menjadi pengganti nasi

Buah pisang yang berwarna kuning, bertekstur empuk dan padat, serta rasanya manis, adalah buah favorit yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Rasa yang khas dan mudah mengonsumsinya membuat pisang digemari semua kalangan. Dari segi nutrisi, 100 gram pisang mengandung 89 kalori, 22,84 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak dan 1,09 gram protein.

Nah, beralih ke telur, makanan yang satu ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kaya kandungan nutrisi. Terdiri dari putih telur dan kuning telur, makanan yang bisa diolah dengan beragam cara dan ideal untuk sarapan ini memiliki jumlah nutrisi berbeda dengan pisang. 100 gram telur mengandung 147 kalori, 0,77 gram karbohidrat, 9,94 gram lemak dan 12,58 protein.

Telur memiliki kandungan protein dan kalori tinggi
Telur memiliki kandungan protein dan kalori tinggi

Jika dibandingkan, pisang mengandung karbohidrat lebih tinggi daripada telur, namun telur mengandung protein, lemak dan kalori yang jauh lebih tinggi daripada pisang. Bahkan, kandungan lemak pada telur 30 kali lebih besar, sedangkan kalori telur sekitar dua kali lebih banyak dibandingkan pisang. Wow, what a big amount in a small size, right?

Jadi, sudah jelas mana yang paling baik untuk diet, bukan? B’timers sebaiknya mengurangi telur yang kaya lemak dan dan kalori itu ya, dan perbanyak makan pisang yang kaya karbohidrat untuk sumber tenaga.

 

Share This Article