Piramida Makanan Paling Tepat untuk Hidup Sehat | Breaktime
Piramida Makanan Paling Tepat untuk Jalankan Hidup Sehat
14.01.2016

Hidup sehat tidak hanya dipengaruhi olahraga, makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan. Sistem imun tubuh akan bertahan dengan baik jika asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh terjaga. Kita dianjurkan untuk selalu menjaga asupan gizi dan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, berikut adalah rincian dari pedoman piramida makanan, untuk jumlah total kebutuhan harian di setiap kategori. Anda bisa menerapkannya untuk porsi makanan maupun camilan Anda sepanjang hari.

  • Padi atau gandum

Piramida Makanan Paling Tepat untuk Hidup Sehat | Breaktime
Karbohidrat dari padi-padian juga bisa Anda dapatkan dari sereal

Kebutuhan harian karbohidrat dari padi atau gandum adalah sekitar 6 ons dalam satu porsi setiap harinya. Anda bisa mendapatkannya dari pasta matang, nasi, satu potong roti atau sereal kering.

  • Sayuran

Dua setengah cangkir total untuk lima porsi setiap hari. Pilihlah berbagai sayuran dengan warna yang berbeda, termasuk hijau tua dan oranye. Manfaat protein nabati tersebut bisa Anda dapatkan dari jus sayur, sayuran potong, atau sayuran berdaun mentah (seperti bayam atau salad).

  • Buah

Kebutuhan buah-buahan Anda adalah 2 cangkir untuk empat porsi setiap hari. Pilihlah berbagai buah-buahan dengan warna yang berbeda. Kebutuhan tersebut dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi jus buah, sepotong buah berukuran sedang (seperti jeruk, apel, atau pisang), satu setengah cangkir potong-potongan buah, atau buah kering.

  • Susu

Piramida Makanan Paling Tepat untuk Hidup Sehat | Breaktime
Lebih baik jika Anda memilih susu atau keju bebas lemak

Kebutuhan total untuk susu adalah 3 cangkir setiap hari. Pilihlah yoghurt, susu atau keju yang rendah lemak atau bebas lemak. Dapatkan dari satu cangkir yoghurt atau susu, 1 ½ ons keju alami rendah lemak atau bebas lemak, atau 2 ons keju kemasan.

  • Daging dan kacang

5,5 ons total untuk dua atau tiga porsi setiap hari. Daging tanpa lemak, ayam, telur, kacang-kacangan, kacang kering dan kacang polong serta ikan akan sangat baik untuk melengkapi kebutuhan protein hewani Anda dengan ukuran seperempat cangkir kacang masak, satu sendok makan selai kacang, satu butir telur atau satu ons daging, ayam atau ikan matang.

  • Minyak

Setiap harinya, Anda boleh mengonsumsi minyak sebanyak  6 sendok teh dari mayonnaise rendah lemak atau minyak sayur.

Jadikan informasi di atas bermanfaat untuk Anda dalam mengatur kebutuhan dan asupan nutrisi setiap harinya, B’timers! (nap)

Share This Article