Pilates dan Yoga, Manakah yang Harus Dipilih? | Breaktime
Pilates dan Yoga, Manakah yang Harus Dipilih?
14.11.2015

Kesehatan adalah suatu hal yang saat ini benar-benar menjadi perhatian banyak orang. Khususnya dalam hal olah tubuh, ada berbagai jenis olahraga yang dirasa sangat baik untuk dapat menjaga kesehatan sekaligus membentuk tubuh dan melatih mental dengan baik, yaitu yoga dan pilates.

Tetapi jika B’timers disuruh memilih yoga atau pilates, maka mana yang akan Anda pilih? Tentu sulit memilih karena keduanya memang memiliki manfaat bagi tubuh dan juga mental serta spiritual.

Agar lebih mudah untuk memilihnya, maka ada baiknya Anda mengetahui apa itu yoga dan pilates, beserta manfaat serta perbedaan dan kesamaan antara keduanya.

Yoga

Pilates dan Yoga, Manakah yang Harus Dipilih? | Breaktime
Tidak hanya di India saja, olah gerak tubuh satu ini juga dipelajari oleh jutaan orang di seluruh dunia

Yoga yang dalam Bahasa Sansekerta memiliki arti penyatuan (dengan alam atau dengan Sang Pencipta) ini sudah digunakan oleh masyarakat di India sejak lebih dari 5,000 tahun lalu sebagai sarana untuk menerapka filsafat Hindu dengan menitikberatkan pada aktivitas meditasi dan pengontrolan panca indera.  

Gerakan-gerakan yoga sangat beragam, mulai dari yang sangat biasa dan tanpa mengeluarkan banyak energi, sampai yang dapat membuat tubuh terasa sakit ketika melakukannya. Bahkan ada pula gerakan-gerakan yoga yang dilakukan dengan tanpa busana, seperti bikram yoga.

Pilates

Pilates dan Yoga, Manakah yang Harus Dipilih? | Breaktime
Sampai tahun 2005, ada sekitar 11 juta orang di seluruh dunia yang mulai berlatih pilates

Memiliki gerakan mirip dengan yoga, pilates juga merupakan suatu metode pembentukan tubuh dengan menitikberatkan pada kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Gerakan pilates diciptakan oleh Joseph Pilates, seorang physical-culturist dari Monchengladbach, Jerman. Di abad 20-an, dia mengembangkan jenis latihan yang menitikberatkan pada penggabungan antara sisi fisik dan pikiran manusia dan mengadopsi beberapa filosofi yoga.

Titik berat dari pilates hanya menyangkut 6 poin saja, yaitu konsentrasi, kontrol, pemusatan, aliran, presisi dan pernapasan. Selain itu, hasil dari latihan pilates juga dapat membantu seseorang dalam pembentukan bagian otot perut serta memperbaiki struktur tulang belakang.

Kesamaan

Pilates dan Yoga, Manakah yang Harus Dipilih? | Breaktime
Pilates dan Yoga juga membutuhkan alas sebagai dasaran, seperti karpet, matras atau juga tikar

Dilihat dari tujuannya, yoga dan pilates memiliki kesamaan visi, yaitu menyatukan pikiran, jiwa dan tubuh. Kedua macam latihan ini memfokuskan pada pembentukan inti tubuh dan melatih fleksibilitas, pengolahan pikiran dan pengaturan kekuatan serta napas.

Dengan melakukan salah satu dari dua jenis olah gerak tubuh ini, maka selain tubuh dan pikiran yang dapat dilatih dan dibentuk, B’timers juga dapat membebaskan punggung dari rasa sakit karena rutinitas duduk setiap hari, terlalu sering mengangkat beban berat dan juga kesalahan-kesalahan lain yang mengakibatkan bagian punggung bermasalah.

Perbedaan

Pilates dan Yoga, Manakah yang Harus Dipilih? | Breaktime
Dari jumlah kalori yang dibakar, pilates membakar 175 kalori, sedangkan yoga 145 kalori, dalam waktu 50 menit

Dari segi tubuh, mental dan spiritual, yoga memiliki tambahan elemen untuk dapat menyatukan antara praktik dan meditasi, sedangkan pilates lebih ke arah penciptaan koneksi antara tubuh dan pikiran.

Jika Anda suka hal-hal yang lebih terstruktur dan memiliki jadwal yang jelas, maka pilates adalah jawabannya, karena dalam jenis olah gerak tubuh ini, B’timers akan dibiasakan untuk mengetahui step by step terkait apa saja yang harus dilakukan, sedangkan dalam yoga, Anda akan mendapatkan variasi gerakan yang dapat digabung-gabungkan antara satu dengan lainnya.

Jadi intinya, tidak ada yang tidak benar atau salah. Kedua jenis latihan sama-sama memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh dan mental seseorang, jika dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Untuk masalah mana yang lebih baik, maka hal itu perlu ditanyakan sekali lagi kepada diri B’timers, “Apa yang Anda inginkan, pembentukan fisik atau mental dan spiritual?” (das)

Share This Article