Penyebab & Cara Mengatasi Cedera Lutut | Breaktime
Penyebab & Cara Mengatasi Cedera Lutut
04.11.2016

Jika Anda sering berolahraga, pasti Anda pernah mengalami cedera. Beberapa cedera sering terjadi di pergelangan kaki ataupun lutut. Hal yang terjadi saat Anda mengalami cedera lutut adalah menimbulkan rasa nyeri, memar, dan bengkak. Rasa sakit ditimbulkan akibat jaringan syaraf yang terjepit dan pembuluh darah yang rusak.

 Selain mengalami rasa sakit, Anda juga akan mengalami mati rasa pada kaki bagian bawah, lemah, dingin, kesemutan, kebiruan, dan pucat. Penyebab mengalami cedera lutut antara lain terjadi benturan secara langsung, menjadi tumpuan saat memutar tubuh, jatuh, dan saat menekuk lutut.

Baca juga : SEMBUH DARI CEDERA OLAHRAGA DENGAN CARA-CARA INI

Apa saja jenis-jenis cedera lutut?

Perlu B’timers ketahui bahwa lutut terdiri dari beberapa bagian. Oleh karena itu, jenis cedera lutut pun juga beragam. Apa saja, sih jenis cedera lutut? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

  • Keseleo

Hal ini mungkin sering dialami oleh kebanyakan orang. Keseleo adalah cedera lutut yang menimpa ligamen yang merupakan bagian lutut yang berfungsi untuk menyatukan semua bagian lutut.

  • Bursitis

Kalau cedera yang ini yaitu iritasi atau infeksi yang terjadi pada kantung berisi cairan lutut atau bursa. Nah, bursa ini yang berfungsi sebagai peredam kejut untuk mengecilkan gesekan antarjaringan yang membentuk lutut.

  • Meniskus

Cedera lutut yang ini biasa terjadi karena terlalu banyak berjalan seiring dengan menuanya usia. Cedera meniskus terjadi jika ada kerusakan di bagian dalam lutut.

Penyebab & Cara Mengatasi Cedera Lutut | Breaktime
Ada banyak penyebab cedera lutut, salah satunya karena berolahraga
  • Tegang otot lutut

Terjadinya ketegangan pada otot lutut akibat tendon terlalu dalam menekuk atau terlalu lebar saat peregangan. Ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan sulit untuk bergerak.

  • Dislokasi tempurung lutut

Tempurung lutut bisa saja bergeser ke sisi lutut. Memang rasa yang ditimbulkan sangat menyakitkan. Namun, hal ini tidak akan membuat Anda frustasi terlalu dalam.

  • Dislokasi sendi

Jenis cedera lutut yang ini terjadi saat Anda mengalami benturan saat berolahraga atau mengalami kecelakaan bermotor.

  • Fraktur lutut

Fraktur lutut diakibatkan oleh hantaman langsung pada tulang lutut. Hal ini terjadi saat Anda jatuh dan tempurung lutut menjadi penahan bobot tubuh.

Bagaimana cara mengatasinya?

Anda bisa dengan mudah mengatasi cedera lutut dengan melakukan hal-hal ini dalam waktu 2 – 3 hari sejak awal Anda mengalami cedera.

Penyebab & Cara Mengatasi Cedera Lutut | Breaktime
Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi cedera lutut
  • Istirahatkan sendi lutut Anda untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.
  • Hentikan aktivitas fisik apapun yang sedang Anda jalani.
  • Kompres dengan air es selama 15 menit setiap dua jam sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan dan pendarahan internal.
  • Perban area lutut yang mengalami cedera untuk mencegah cedera lebih luas.
  • Anda bisa berbaring dengan posisi lutut kaki Anda berada di atas tubuh Anda. Mungkin bisa menggantungnya atau menyandarkan kaki di tembok.
  • Jangan memberikan air panas atau balsem pada lutut yang cedera.
  • Jangan konsumsi minuman yang beralkohol karena dapat memperparah pembengakakan dan pendarahan.
  • Jangan lakukan pemijatan pada lokasi sendi lutut yang mengalami cedera.

Jika Anda merasa telah melakukan hal-hal tersebut namun cedera yang Anda alami tak kunjung sembuh, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan medis, sehingga akan dilakukan beberapa penanganan berikut ini.

Operasi terbuka

Dokter akan melakukan operasi terbuka jika melihat cedera lutut Anda cukup parah dan membutuhkan perbaikan secara menyeluruh.

Operasi artroskopik

Operasi ini biasanya dilakukan pada seseorang yang mengalami cedera tulang rawan. Dilakukan dengan membuat sayatan kecil di lutut, kemudian memasukkan instrumen operasi.

Baca juga : PERHATIKAN HAL INI SEBELUM SERTA SESUDAH RENANG!

Penarikan cairan

Penarikan cairan atau dalam bahasa medis disebut dengan aspirasi dilakukan jika lutut mengalami pembengkakan parah. Cairan di dalam lutut yang menyebabkan bengkak tersebut harus dikeluarkan dengan jarum.

Fisioterapi

Cara terakhir adalah dengan melakukan fisioterapi. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan gerak dan kekuatan lutut. Selain itu, juga bisa mengurangi rasa sakit akibat cedera.

Nah, jadi itulah beberapa hal tentang cedera lutut yang harus Anda ketahui. Tentang apa yang terjadi saat Anda mengalami cedera dan bagaimana cara mengatasi cedera lutut ringan hingga cedera lutut parah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE