Pemula untuk Rutin Lari Pagi? Baca Tips Ini! | Breaktime
Pemula untuk Rutin Lari Pagi? Baca Tips Ini!
17.04.2016

Lari pagi adalah salah satu kegiatan menyehatkan dan sekaligus menyegarkan. Terlebih lagi, lari juga membuat jantung kembali sehat setelah mendapatkan banyak tekanan dari kegiatan sehari-hari. Namun tahukah Anda? Sekarang ini masih banyak orang yang kebingungan harus melakukan atau mempersiapkan apa ketika hendak melakukan lari pagi. Bagi B’timers yang juga mengalaminya, tips lari pagi untuk pemula ini bisa membantu.

Hidrasi tubuh Anda dulu

Pasca tidur manusia yang kurang lebih selama 7-8 jam, setidaknya tubuh sudah mulai mengalami dehidrasi meskipun dalam tahap rendah. Untuk mencegah dehidrasi ini semakin parah, alangkah baiknya Anda mempersiapkan diri sebelum itu terjadi mengingat setelah ini Anda akan berlari. Cobalah untuk mengawali pagi dengan meminum 2-3 gelas air putih 30 menit sebelum berlari.

Sarapan ringan

Memang benar adanya apabila Anda mengkonsumsi makanan, kemudian dilanjutkan olahraga, bisa membuat perut terasa sakit. Namun, Anda jelas akan merasakan efek negatifnya apabila berlari pagi dalam kondisi perut belum terisi apapun. Bahkan, Anda akan merasa mual, lesu dan tidak bersemangat. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi sarapan ringan seperti pisang atau sereal dengan susu.

Pemula untuk Rutin Lari Pagi? Baca Tips Ini! | Breaktime
Jangan dipaksa, lari semampunya namun tingkatkan setiap harinya

Pemanasan

Tips lari pagi untuk pemula selanjutnya adalah pemanasan. Ya, gerakan awal yang satu ini wajib Anda lakukan sebelum berolahraga. Selama tidur, otot-otot berada dalam kondisi santai dan apabila setelah bangun kemudian Anda melanjutkannya dengan lari tanpa pemanasan, yang terjadi adalah otot menjadi kram. Maka dari itu, cegah hal tersebut dengan melakukan pemanasan seperti pelenturan bagian otot tertentu.

Jangan memaksa

Banyak orang yang ingin mendapatkan hasil maksimal dalam waktu seminimal mungkin. Tapi hal ini tidak berlaku pada olahraga, B'timers. Anda harus melakukannya secara bertahap dan sesuai dengan kapasitas maksimal Anda. Jadi, apabila hari ini adalah hari pertama Anda berlari maka lakukan sebatas kemampuan Anda. Jangan dipaksa, atau Anda justru akan mengalami efek negatif terhadap kesehatan.

Tips lari pagi untuk pemula di atas akan sangat membantu Anda ketika hendak melakukan lari pagi B'timers. Yang terpenting dari semua poin adalah selalu berhati-hati dan gunakan peralatan yang masih dalam kondisi baik. Hal ini bertujuan agar Anda terbebas dari risiko yang tidak diinginkan. Semangat, B'timers! (wsu)

Share This Article