Olahraga yang Pas Dilakukan saat Puasa, Ya Yoga! | Breaktime
Olahraga yang Pas Dilakukan saat Puasa, Ya Yoga!
15.05.2015

B’timers, bukan rahasia lagi kalau berpuasa memberikan begitu banyak manfaat kesehatan. Tak heran, banyak orang yang menjadikan puasa sebagai salah satu gaya hidup sehat meski bukan sedang bulan Ramadan. Nah, kalau sedang berpuasa, tentu saja Anda tak bisa melakukan olahraga yang terlalu menguras energi seperti halnya basket atau lari. Solusinya, lakukan saja olahraga yang tak membutuhkan banyak gerakan tapi juga sama menyehatkannya: yoga!

Menurut Yusni Irene, seorang instruktur yoga di Jakartadoyoga, ada dua hal penting yang harus diingat ketika berpuasa. Yang pertama adalah terbatasnya energi tubuh karena sedikitnya kalori yang masuk, serta adanya proses detoksifikasi yang dilakukan tubuh dalam keadaan perut kosong.

Beberapa gerakan yoga bisa memaksimalkan detoksifikasi yang berlangsung saat B’timers sedang berpuasa. Selain itu, latihan pernapasan yang ada dalam yoga juga membuat tubuh lebih rileks,  mengurangi stress, dan juga menghindarkan Anda dari kelelahan berlebih.

Gerakan cobra bisa dijadikan pilihan yoga saat puasa
Gerakan cobra bisa dijadikan pilihan yoga saat puasa

Gerakan yoga seperti halnya cobra dan juga upward dog yang berfokus pada gerakan dada akan membuat jantung memompa darah dan oksigen secara lebih optimal ke seluruh bagian tubuh. Melakukan gerakan upward pose atau back bending juga disarankan karena tidak membutuhkan energi terlalu banyak dan bisa meningkatkan kekuatan organ dalam perut. 

Bagaimana B’timers, kini Anda tahu kan olahraga yang tepat dilakukan saat berpuasa? Kedua aktivitas sehat ini tentu akan membuat tubuh Anda jadi lebih fit dan siap menjalani aktivitas berat setiap hari.

Share This Article