Olahraga Paling Pas untuk Jaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa | Breaktime
Olahraga Paling Pas untuk Jaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa
28.06.2015

Saat puasa kita memang tidak makan dan minum, namun bukan berarti kita jadi malas untuk berolahraga, bukan? Meski menjalankan puasa, kita tetap harus menjaga kesehatan tubuh. Agar tetap bugar, penting bagi B’timers untuk tetap rutin berolahraga. Nah, apa saja ya, olahraga ringan yang pas untuk dilakukan saat puasa? No more excuses allowed, Breaktime sudah merangkumnya untuk Anda!

A Triced dips

Gerakan untuk melatih otot trisep
Gerakan untuk melatih otot trisep

Duduk di bagian tepi kursi atau sofa dengan tangan diletakkan di sebelah paha. Angkat tubuh dari kursi, dengan kaki menapak lantai dan lutut tertekuk. Turunkan badan agar kedua siku tertekuk tidak lebih dari 90 derajat, lalu tarik kembali badan ke atas. Namun hindari olah gerak ini jika pergelangan tangan atau bahu Anda sedang mengalami cedera.

B Push ups

Baik untuk otot bahu
Baik untuk otot bahu

Gerakan push up sudah sangat populer dan Anda tentu tahu dasar-dasarnya. Mari mengubahnya sedikit, letakkan tangan Anda lebih lebar dari bahu agar otot bahu dan dada lebih bekerja. Membentuk tangan jadi diamond shape dekat dada juga bisa lebih menggerakkan triceps dan otot bahu.

C Crunches

Melatih otot abdomen
Melatih otot abdomen

Olah gerak ini sangat baik untuk otot jika dilakukan dengan teknik yang benar. Berbaringlah, tetap letakkan tangan Anda di belakang kepala dan siku di bagian belakang, sambil gunakan otot perut untuk mengangkat kepala dan dagu.

D Squats

Gerakan ini baik untuk kaki dan juga otot perut
Gerakan ini baik untuk kaki dan juga otot perut

Olahraga ini bisa memberi manfaat optimal jika Anda melakukan tekniknya dengan benar. Mulailah gerakan ini dengan merendahkan tubuh hanya di bagian kaki saja atau dengan menekuk kaki. Lalu lakukan gerakan squat hingga otot-otot Anda terbiasa dengan gerakan ini.

E Calf raises

Menguatkan pergelangan kaki dan betis
Menguatkan pergelangan kaki dan betis

Gerakan ini bisa dilakukan sempurna jika ada permukaan yang lebih tinggi, misalnya tangga. Jika butuh keseimbangan, Anda bisa berpegangan pada susuran tangga. Berjinjitlah di tangga, berdiri tegak, rendahkan badan hingga tumit turun, lalu tarik tumit kembali ke atas. Lakukan berulang untuk melatih otot pergelangan kaki dan betis.

Nah, gerakan-gerakan ringan tadi bisa dengan mudah Anda lakukan di mana saja. Meki sederhana, namun efeknya sangat bagus untuk kesehatan, terutama otot tubuh. Keep fasting and exercising, B’timers!

Share This Article