Olahraga Malam Hari Berbahaya, Benarkah? | Breaktime
Olahraga Malam Hari Berbahaya, Benarkah?
28.11.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah



B’timers pasti sudah sering mendengar ‘larangan’ untuk berolahraga di malam hari dengan berbagai alasan. Mulai dari bisa menyebabkan masuk angin, sampai meningkatkan risiko terkena penyakit paru-paru basah. Namun benarkah olahraga di malam hari berbahaya untuk kesehatan?

Faktanya, berolahraga sangat baik dilakukan, entah itu saat pagi ataupun malam hari. Para atlet misalnya, memiliki waktu olahraga yang beragam dan disesuaikan dengan kondisi tubuh mereka atau disebut dengan circadian rhythms. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh Medical Center, berolahraga sesuai dengan pola tubuh yang meliputi waktu tidur, metabolisme, dan temperatur badan, justru akan memberikan hasil yang terbaik.

Jadi, olahraga di malam hari aman dilakukan dan tentu akan memberikan manfaat yang sama besarnya dengan olahraga di siang atau sore hari. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk berolahraga di malam hari, seperti berikut ini:

Lakukan maksimal 3 jam sebelum tidur

Jika Anda melakukan aktivitas fisik berat yang terlalu dekat dengan jam tidur, tubuh akan kesulitan untuk ‘mematikan’ fungsinya dan beristirahat. Sebab, olahraga meningkatkan produksi hormon endorfin yang akan membuat Anda lebih rileks dan terjaga. Maka dari itu, usahakan olahraga sudah selesai dilakukan 3 jam sebelum waktu tidur.

Olahraga Malam Hari Berbahaya, Benarkah? | Breaktime
Pemanasan tetap perlu dilakukan saat berolahraga di malam hari

Tetap jangan lewatkan pemanasan

Sudah melakukan berbagai aktivitas seharian bukan berarti tubuh telah ‘panas’ dan siap langsung berolahraga. Selalu awali olahraga dengan melakukan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan. Kebiasaan ini akan mencegah risiko cedera pada otot dan syaraf tubuh.

Patuhi jadwal

Jika olahraga dilakukan di jam dan waktu yang sama setiap harinya, tubuh akan mendapatkan manfaat yang lebih besar. Maka dari itu, pastikan Anda selalu konsisten melakukan olahraga di waktu yang sama. Mengajak orang terdekat untuk berolahraga bersama bisa jadi membuat Anda makin semangat dan mudah mematuhi jadwal yang telah dibuat.

Olahraga di malam hari memang bisa jadi solusi tepat untuk Anda yang didera kesibukan padat mulai pagi. Jadi, jangan ragu ya, jaga kebugaran tubuh dengan night workout! (das) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE