Olahraga Berlebihan Justru Tak Baik, Kok Bisa?
Olahraga Berlebihan Justru Tak Baik, Kok Bisa?
10.03.2016

B'timers gemar berolahraga? Wah, itu keren sekali B'timers karena tidak semua orang mau melakukannya. Padahal manfaat dari olahraga cukup banyak seperti membentuk badan agar terlihat bagus, kesehatan organ tubuh vital seperti jantung terjaga, dan bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Maka dari itulah, mengapa mereka yang berolahraga berisiko lebih kecil terserang penyakit. Akan tetapi, meskipun olahraga itu menyehatkan Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Pasalnya, ada beberapa faktor yang membuat seseorang sangat menyukai olahraga akhirnya berujung dengan sakit tak terkira.

Rasa sakit tersebut bisa dibilang efek dari Overtraining atau Olahraga berlebihan. Nah, bagi Anda yang sekarang sedang berolahraga, Anda wajib membaca beberapa poin di bawah ini agar tidak mengalami overtraining. Berikut penjelasannya :

Olahraga yang baik, memberikan manfaat yang baik juga
Olahraga yang baik, memberikan manfaat yang baik juga

1. Haus bandel

Mengkonsumsi air putih memang baik untuk kesehatan. Tapi, bagaimana kalau rasa haus tersebut terus berulang B'timers? Nah, dari sinilah asal kata haus bandel. Haus bandel atau Insatiable Thirst adalah sebuah kondisi dimana tubuh selalu merasa kekurangan cairan meskipun diberi air banyak. Kondisi ini disebut dengan Catabolic yang akan memaksa tubuh terus minum air. Cara menghilangkannya adalah dengan beristirahat dan minum air yang mengandung banyak mineral.

2. Nyeri otot

Saat sedang asyik berolahraga, tiba-tiba otot bagian alat gerak Anda merasa nyeri hebat. Mungkin awalnya orang-orang mengira itu adalah efek olahraga yang nantinya akan tumbuh menjadi otot yang lebih besar. Akan tetapi, apabila nyeri itu bertahan lebih dari 72 jam maka Anda butuh istirahat selama beberapa hari. Nyeri otot tersebut adalah tanda yang diberikan tubuh saat otot mengalami kelelahan.

3. Insomnia

Tahukah Anda, olahraga teratur memberikan efek nyenyak kepada seseorang. Efek ini sama dengan yang diberikan susu pada yang mengonsumsi. Namun, apabila seseorang melakukan olahraga berlebihan efek yang didapat adalah insomnia. Apabila Anda mengalami insomnia, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter dan berhenti berolahraga dalam beberapa waktu.

4. Depresi

Ya, depresi juga bisa didapat saat seseorang melakukan olahraga berlebihan. Seorang personal trainer terkenal yang sering melatih aktor stunt men, Lee Boyce mengatakan bahwa orang-orang yang terlalu terpacu dengan pembentukan tubuh akan berakhir depresi karena tidak memiliki tujuan jangka pendek.

Nah, itulah beberapa tanda bahwa Anda sedang mengalami Overtraining atau olahraga berlebihan. Ya, meskipun olahraga itu menyehatkan dan menyenangkan, akan tetapi alangkah baiknya dibuat berkala agar kesehatan tetap terjamin. Olahraga yang sehat adalah olahraga yang berkala dengan rentan waktu yang sesuai. Selamat mencoba B'timers. (wsu)

Share This Article