Olahraga Apa yang Aman untuk Ibu Hamil Muda? | Breaktime
Olahraga Apa yang Aman untuk Ibu Hamil Muda?
02.06.2016

Saat hamil, Anda diperingatkan untuk tidak melakukan aktivitas berat karena membahayakan janin dan diri Anda sendiri. Namun, bagaimanapun Anda tetap butuh olahraga, B’timers! Lalu, olahraga seperti apa yang cocok untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan tentang olahraga terbaik untuk ibu hamil muda berikut ini.

Pilates

Selama kehamilan, Anda akan menghadapi tantangan seperti keseimbangan dan nyeri punggung bawah, B’timers. Nah, Pilates adalah olahraga yang dapat membantu Anda mengatasi dua tantangan tersebut. Pilates membangun otot inti melalui serangkaian peralatan dan gerakan.

Olahraga Apa yang Aman untuk Ibu Hamil Muda? | Breaktime
Untuk kekuatan dan keseimbangan

Sesi pertama Anda akan fokus pada membangun kekuatan. Sesi berikutnya membentuk kekuatan dan keseimbangan Anda. Saat hamil, hindari pose di mana Anda berbaring telentang dan memutar bagian tengah tubuh Anda, ya. Jangan overexert selama latihan perut Pilates atau Anda bisa mengalami diastasis recti yaitu suatu kondisi di mana panel paralel otot perut Anda akan terpisah.

Yoga

Yay! Selamat datang di salah satu latihan terbaik yang dapat Anda lakukan sendiri selama kehamilan, B’timers. Yoga adalah olahraga terbaik untuk ibu hamil muda yang dapat membangun kekuatan dan keseimbangan seperti Pilates. Namun yoga juga membuat otot lentur, mengurangi tekanan darah dan membuat ritme napas jadi lebih teratur yang nantinya akan membantu selama persalinan.

Olahraga Apa yang Aman untuk Ibu Hamil Muda? | Breaktime
Yoga membantu menstabilkan tekanan darah

Selain itu, manfaat jangka panjang yoga setelah melahirkan juga sangat besar. Seperti jika Anda memasuki masa menopause yang dapat membantu mencegah osteoporosis dengan membangun kepadatan mineral tulang. Jika Anda sudah terbiasa berlatih yoga bahkan sebelum hamil, Anda tidak akan kesulitan melakukan yoga saat sedang hamil.

Jalan kaki

Jangan underestimate, B’timers. Jalan kaku adalah olahraga paling mudah untuk membuat Anda bergerak saat hamil. Dengan berjalan kaki Anda dapat membangun kekuatan tubuh bagian atas dengan mengayunkan lengan Anda sekaligus memperbaiki detak jantung dan kualitas pompa jantung.

Lakukan berjalan kaki selama 10 menit sehari dengan intensitas 3 hingga 5 hari dalam seminggu. Agar Anda tidak jatuh, hindari berjalan di trotoar yang berlubang dan rusak, ya!

Last, itulah olahraga terbaik untuk ibu hamil muda. Jika Anda merasa artikel ini membantu dan bermanfaat, feel free to share pada teman atau keluarga Anda, B’timers! (nap)

Share This Article