Nikmati Olahraga dengan Fitness Tracker! | Breaktime
Nikmati Olahraga dengan Fitness Tracker! Apa Fungsinya?
11.01.2016

B’timers sudah pernah mengenal istilah fitness tracker? Yap, fitness tracker adalah perangkat untuk mendapatkan data-data dari tubuh Anda selama beraktivitas. Ada yang dikaitkan di pergelangan tangan layaknya jam tangan, ada pula yang disabukkan pada dada. Dengan alat tersebut, B’timers bisa mendapatkan data selama Anda berolahraga. Data-data yang dihasilkan oleh fitness tracker bisa sangat beragam, begitu pula dengan fungsinya. 

Nikmati Olahraga dengan Fitness Tracker! | Breaktime
Alat pendeteksi detak jantung yang mirip jam tangan
  • Langkah dan jarak

Fitness tracker yang paling umum berfungsi untuk menghitung jumlah langkah yang Anda ambil. Terkadang juga menyediakan informasi jarak yang sudah B’timers tempuh. Biasanya digunakan saat Anda melakukan jogging atau jalan. Anda juga bisa menggunakannya sehari-hari untuk melacak seberapa banyak langkah kaki B’timers. Data dari perangkat ini membantu Anda untuk tetap fokus pada hal-hal kecil yang membuat B’timers selalu aktif sepanjang hari.

  • Detak jantung

Dengan perkembangan yang semakin canggih, B’timers bisa mengukur detak jantung tanpa rumit. Cukup membelitkan sabuk di area jantung, Anda langsung bisa melacak denyut jantung Anda melalui wrist band. Perangkat ini tidak hanya mengukur secara efektif tingkat kebugaran Anda, tetapi juga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  • Kecepatan

Bagi Anda yang hobi melakukan lari jarak pendek maupun jarak jauh untuk berolahraga bisa menggunakan perangkat pengukur kecepatan. B’timers bisa sekaligus mencatat langkah dan jarak dengan pedometer yang terpasang di dalam alat. Anda bisa mengukur seberapa jauh perkembangan kecepatan yang sudah dijalani latihan demi latihan.

  • Kalori terbakar

Perangkat penghitung kalori ini mampu menimbang banyaknya kalori yang B’timers konsumsi dan kalori yang Anda keluarkan. Fitness tracker ini sangat membantu bagi B’timers yang fokus pada penurunan berat badan karena Anda bisa mengontrol asupan kalori yang masuk sekaligus berolahraga sesuai dengan kalori yang ingin dibakar.

  • Kualitas tidur

Fitness tracker satu ini cukup unik, karena mampu memonitor jam tidur B’timers. Tidak hanya jam tidur tetapi juga pola tidur Anda, lho. Biasanya dilengkapi dengan alarm yang membangunkan Anda dengan getaran lemah di pergelangan tangan Anda. B’timers akan merasa lebih bugar karena tidur cukup setiap harinya.

Nikmati Olahraga dengan Fitness Tracker! | Breaktime
Smartphone Anda bisa jadi fitness tracker juga lho!

Semakin pesatnya teknologi juga makin memudahkan B’timers. Fitness tracker juga bisa Anda temukan di berbagai aplikasi smartphone Anda. Meski fungsinya tidak sesempurna perangkat yang sebenarnya, setidaknya bisa membantu B’timers untuk selalu memantau tingkat kebugaran Anda. Aplikasi yang populer biasanya melacak jumlah langkah dan jarak tempuh. B’timers bisa memilih-milih aplikasi mana yang cocok untuk Anda di Apple App Store untuk iOS dan Google Play untuk Android. (ft)

Share This Article