Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor? | Breaktime
Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?
04.04.2016

Rasanya sangat mustahil untuk menjauh dari meja kerja dan berolahraga di sela jam kantor, ya, B’timers? Hmm, entah apakah kantor Anda menawarkan kelas yoga saat istirahat makan siang, tetap sulit menemukan motivasi untuk berolahraga, apalagi jika kita selalu dikejar deadline. Beruntung ada cara mudah untuk olahraga di jam kantor, lho, B’timers! Dan dengan latihan sederhana ini, sudah tidak ada alasan menghindari latihan fisik.

  • Shoulder Blade Squeeze

Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?  | Breaktime
Rentangkan tangan hingga terasa kontraksi untuk mengurangi otot kaku

Duduklah dengan santai dan kaki sejajar di lantai. Ikutkan otot dada dan ulurkan kedua lengan di depan setinggi bahu. Dengan telapak tangan menghadap ke bawah, gerakkan bahu ke depan. Lalu perlahan tarik kembali. Ulangi hingga 5 kali dengan jeda 2 detik.

  • Straight Arm Stretch

Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?  | Breaktime
Contoh gerakan straight arm stretch

Geser posisi duduk ke tepi kursi Anda dengan lutut dan kaki sejajar. Duduk tegak dan kuatkan otot perut. Ulurkan lengan ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Sentuh bagian belakang kursi. Lalu gerakkan lengan ke atas dan ke bawah. Ulangi hingga 10 kali.

  • Trisep Dips

Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?  | Breaktime
Gerakan mudah ini dapat dilakukan di manapun

Sandarkan kedua tangan di ujung kursi untuk menahan tubuh. Dengan posisi seperti duduk, tekuk siku lalu gerakkan tubuh ke bawah beberapa inchi hingga terasa tarikan di bagian lengan. Kemudian kembali ke posisi semula. Ulagi gerakan ini hingga 20 kali.

  • Second Position

Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?  | Breaktime
Salah satu gerakan ballet dapat menghilangkan ketegangan

Berdiri di samping meja Anda dengan satu tangan di ujung meja. Lebarkan kaki sampai mencapai second position ballet. Turunkan tubuh dalam gerakan terkontrol, dan jaga agar tubuh Anda tetap tegak, B’timers. Lakukan gerakan ke bawah dan ke atas secara bergantian selama 30 kali.

  • Leg Curls

Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?  | Breaktime
Latihan kaki menggunakan tas dapat melemaskan otot

Letakkan tangan kanan di sisi kiri kursi sambil berdiri. Mulailah dengan menekuk lutut kiri hingga sejajar dengan lantai, lalu tempatkan pena di belakang lutut. Coba lenturkan kaki kiri kemudian tarik tumit kiri ke bawah. Ulangi olahraga di jam kantor ini hingga 5 kali sebelum beralih kaki.

  • Standing Hip Opener

Mungkin Tidak, Sih, Olahraga di Jam Kantor?  | Breaktime
Berdiri dengan kaki di rentangkan bisa cukup merelaksasi otot, lho

Berdiri di belakang meja kursi dengan tangan kanan di belakang kursi. Tempatkan tangan kiri di belakang kepala dengan siku menunjuk jauh dari tubuh. Angkat tumit kanan kemudian tekuk lutut kiri. Angkat lutut kana ke samping hingga setinggi pinggul. Ulangi 20 kali untuk masing-masing kaki.

Dan 10 menit olahraga di jam kantor dengan latihan sederhana bisa menambah kebahagiaan serta meningkatkan produktivitas Anda, B’timers. Selain itu juga dapat meredakan ketegangan tanpa perlu meninggalkan meja kerja, kan? (NO)

Share This Article