Mulai Malas Nge-gym? 4 Hal Ini Akan Bikin Anda Kembali Rajin | BREAKTIME
Mulai Malas Nge-gym? 4 Hal Ini Akan Bikin Anda Kembali Rajin
28.03.2015

Berolahraga di gym menjadi salah satu gaya hidup masyarakat perkotaan, terutama mereka yang tak punya banyak waktu untuk melakukan outdoor sports. Sayangnya, banyak yang melakukan aktivitas ini cuma sekedar ikut-ikutan. Saat rekan yang lain mulai bosan nge-gym, tak jarang Anda pun jadi malas dan berkeinginan untuk berhenti.

Eits, tunggu dulu B’timers! Nge-gym tak cuma baik dijadikan sarana menambah kenalan, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini:

Mengontrol berat badan

Olahraga secara rutin bisa membantu Anda mempertahankan tubuh ideal atau dapat juga dijadikan cara mengurangi berat badan secara berkala. Semakin aktif tubuh Anda, semakin banyak pula kalori yang dibakar. Istimewanya, Anda juga bisa membentuk bagian tubuh tertentu supaya lebih proporsional di bawah bimbingan seorang fitness instructor.

Mengurangi risiko terkena penyakit mematikan

Olahraga secara teratur akan meningkatkan produksi high-density lipoprotein (HDL) atau lemak baik dalam tubuh. Jika lemak baik dalam tubuh meningkat, maka triglycerides atau lemak jahat penyebab kolesterol akan berkurang. Hal ini membuat peredaran darah berjalan lebih teratur dan seimbang sehingga kemungkinan terserang penyakit mematikan seperti stroke, diabetes tipe 2, kanker, bisa dikurangi.

Meningkatkan mood dan ingatan

Menurut John Ratey, seorang psychiatrist di Harvard Medical School sekaligus penulis buku “Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain”, tubuh yang aktif bergerak akan memberikan pengaruh positif untuk ingatan dan mood seseorang. Bahkan, berolahraga selama 10 menit pun mampu memberikan rangsangan pada sel otak yang bisa memaksimalkan memori seseorang.

Mengurangi stress

Tanpa B’timers sadari, berolahraga secara rutin akan meningkatkan senyawa norepinephrine yang berfungsi untuk mengatur renspons otak terhadap rasa stress. Menurut Elissa Epel, associate professor of psychiatry di University of California San Francisco, olahraga akan membuat aliran darah semakin lancar sehingga bisa menekan level stress secara berkala. 

Nah B’timers, Anda tak mau melewatkan kesempatan untuk merasakan keempat manfaat sehat tersebut, kan? Let’s exercise!

Share This Article