Mulai Hidup Sehat dengan Yoga, Yuk! | BREAKTIME
Mulai Hidup Sehat dengan Yoga, Yuk!
30.03.2015

“Yoga means addition - addition of energy, strength and beauty to body, mind and soul.” 
-Amit Ray-

Selain aktivitas ngegym, salah satu olahraga yang banyak diminati dan jadi gaya hidup adalah yoga. Olahraga satu ini jadi pilihan banyak orang lantaran bisa dilakukan kapanpun dan di manapun, serta memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang Breaktime rangkum berikut ini:

Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Menurut Erin Olivo, PhD, assistant clinical professor di Columbia University's Integrative Medicine Program, melakukan yoga secara rutin dapat menurunkan tekanan darah, level kolesterol, dan juga memperlambat perkembangan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), yang kesemuanya tersebut adalah faktor pemicu penyakit jantung. 

Meningkatkan kelenturan

Manfaat yang paling utama dari yoga adalah meningkatkan kelenturan tubuh. Meskipun pada latihan yoga yang pertama B’timers tidak akan bisa menyentuh ujung kaki, lama-kelamaan tentu tubuh akan menjadi lebih lentur. Secara bertahap gerakan-gerakan awal yang Anda rasa sulit dan tidak mungkin dilakukan akan terasa sangat gampang dipraktekkan. Selain itu, rasa nyeri dan pegal yang sering dirasakan juga akan berangsur-angsur menghilang. Ini tidak kebetulan terjadi lho, sebab berbagai gerakan yoga memang bisa memperbaiki postur tubuh yang salah. 

Membuat lebih bahagia

Penelitian yang dilakukan oleh Richard Davidson, Ph.D di University of Wisconsin, menemukan bahwa melakukan yoga secara teratur dapat meningkatkan hormon serotonin yang mengurangi tingkat depresi. Selain itu, relaksasi dalam yoga juga bisa menurunkan kadar monoamine oxidase, sebuah enzim yang akan merusak fungsi neurotransmitters di dalam otak. Selain meningkatkan rasa bahagia, Davidson juga menemukan bahwa yoga juga bisa meningkatkan sistem immunitas dalam tubuh. 

Yoga memiliki berbagai tingkatan gerakan, mulai dari yang dapat dilakukan dengan sekali coba hingga yang butuh latihan berbulan-bulan. Nah, buat B’timers yang tertarik untuk melakukan yoga, bisa mengikutinya di pusat kebugaran atau juga memanggil trainer ke rumah. Let’s do some yoga!

Share This Article