Mudah Ngantuk dan Lelah = Diabetes?
Mudah Ngantuk dan Lelah = Diabetes?
08.04.2015

Tak semua orang rutin melakukan medical check up atau sekadar melakukan pemeriksaan darah sehingga keberadaan penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes menjadi lebih susah untuk dideteksi. Kendati demikian, ada juga lho sejumlah tanda-tanda kecil yang bila hal ini sering terjadi, ada kemungkinan B’timers Anda tengah terserang diabetes.

Nah, mudah mengantuk atau merasa lelah termasuk salah satu gejala yang bisa mengantar pada penyakit diabetes. Hal inilah yang disampaikan oleh Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr Em Yunir, SpPD-KEMD. Mengapa demikian?

Secara umum, penyakit diabetes muncul disebabkan karena dua hal. Pertama, tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah cukup yang selanjutnya keadaan ini mengantar pada penyakit diabetes tipe 1. 

Ke dua, tubuh dapat memproduksi insulin dalam kadar yang cukup, tapi sel-sel tubuh tak mampu untuk menggunakan insulin tersebut untuk mentransfer gula ke dalam sel dan pada akhirnya tubuh pun kekurangan energi yang memicu munculnya rasa lelah dan mengantuk. Inilah yang dinamakan diabetes tipe 2.

Selain masalah gangguan hormonal, pola makan yang tidak terkontrol pun juga dapat memperparah permasalahan ini. Umumnya, saat merasa begitu lelah di kantor akibat tugas yang menumpuk atau meeting yang lama, B’timers akan cenderung melampiaskan emosi dengan mengonsumsi banyak makanan yang kandungan nutrisinya kurang diperhatikan.

Pola makan yang salah menjadi salah satu pemicu diabetes
Pola makan yang salah menjadi salah satu pemicu diabetes

Padahal, sejumlah makanan yang mengandung kalori berlebih sangat rawan untuk membuat jumlah gula darah dalam tubuh meledak. That’s why, you have to keep calorie intake the same! Selain menghindari konsumsi kalori berlebih, usahakan pula untuk menghindari dua lemak berbahaya seperti lemak jenuh yang umumnya terdapat pada olahan daging merah dan lemak trans yang biasanya ditemukan pada hydrogenated oils yang dibuat dengan menambahkan hidrogen pada minyak sayur.

B’timers juga bisa membuat sendiri makanan sehat di rumah yang aman bagi kondisi gula darah dengan menggunakan olive oil saat memasak atau membuang lemak daging merah dan kulit daging ayam untuk meminimalisir lemak jenuh yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga agar semua organ tubuh bekerja lebih lancar dan Anda pun tak mudah merasa mengantuk saat bekerja.

Share This Article