Moms To Be? Intip Gerakan Senam Hamil Wajib Ini! | Breaktime
Moms To Be? Intip Gerakan Senam Hamil Wajib Ini!
13.03.2017

Memasuki masa-masa kehamilan memang merupakan saat yang paling dinantikan oleh setiap wanita di dunia ini, B’timers. Namun seiring dengan bertambahnya usia janin di dalam kandungan, calon ibu akan semakin merasakan tubuhnya tidak nyaman. Apalagi jika ditambah nafsu makan yang berkurang hingga rasa mual yang menyerang di pagi hari. Ugh, rasanya ingin seharian hanya berbaring di atas ranjang saja.

Wah, wah! That is really not a good idea, B’timers! Karena dengan Anda hanya bermalas-malasan saja di kasur, tubuh Anda justru akan semakin terasa tidak nyaman, lho. Meskipun tengah hamil, namun wanita tetap disarankan untuk rutin berolahraga. Tidak perlu keluar rumah, jika Anda memang tidak biasa pergi olahraga di luar ruangan. Nah, di bawah ini adalah gerakan senam hamil yang perlu diketahui, B’timers!

Baca juga : APAKAH NORMAL INGIN BUANG AIR KECIL KETIKA LARI?

Bicep curls. Ambillah sepasang dumbbells dengan berat 3 – 5 pound. Setelah itu letakkan pada masing-masing tangan Anda dengan telapak tangan menghadap keluar. Jagalah agar lutut Anda dengan gerakan lembut dan perlahan turun hingga sejajar dengan bahu Anda. Kembalilah ke posisi awal dengan gerakan yang lambat. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 – 15 kali atau sebanyak 2 set.

Moms To Be? Intip Gerakan Senam Hamil Wajib Ini! | Breaktime
Jangan lupa lakukan gerakan peregangan sebelum mulai, ya?

Lateral shoulder raise. Mulai dengan posisi duduk. Anda bisa duduk di atas kursi atau stability ball. Lalu genggam beban seberat 3 – 5 pound di masing-masing tangan. Tahan beban tersebut di setiap sisi tubuh Anda dengan telapak tangan menghadap ke arah dalam, B’timers. Usahakan untuk menjaga agar kedua kaki tetap sejajar di permukaan tanah dan tulang belakang dalam posisi tegak. Tarik napas perlahan dan hembuskan napas ketika Anda mengangkat kedua lengan setinggi bahu. Ulangi sebanyak 12 kali.

Baca juga : INI CARA TRADISIONAL MENURUNKAN BERAT BADAN!

Kegels, adalah senam hamil 9 bulan yang aman untuk Anda lakukan, B’timers. Duduklah dengan nyaman di atas exercise ball dan mulailah dengan beberapa hitungan pernapasan perut. Tarik napas dan biarkan perut Anda naik, lalu hembuskan napas. Lakukanlah latihan pernapasan ini selama 5 hitungan atau lebih. Kencangkan otot-otot sekitar vagina. Lemaskan bahu, wajah dan leher. Lakukan selama 20 kali per hari.

Moms To Be? Intip Gerakan Senam Hamil Wajib Ini! | Breaktime
Berlatih bersama teman, bikin olahraga semakin menyenangkan

Squats juga bisa menjadi salah satu gerakan senam selama masa kehamilan, kok, B’timers. Mulai dengan posisi berdiri dan rentangkan kedua kaki hingga selebar pinggul. Silangkan tangan di depan dada, setelah itu perlahan rendahkan tubuh Anda hingga hampir jongkok. Namun usahakan agar tumit tetap menekan lantai. Rendahkan tubuh senyaman mungkin dan kembali tegakkan tubuh di posisi berdiri. Ketika Anda memasuki trisemester kedua, maka gerakan akan sedikit terbatas. Tapi hal ini wajar, kok.

Baca juga : INGIN LANGSING? INTIP DIET PLAN WANITA INI, YUK!

Gerakan senam selanjutnya yang bisa dilakukan oleh wanita hamil adalah standing crunch, B’timers. Di dalam latihan ini, mulailah dengan berdiri tegak dengan tangan di belakang kepala, lalu kedua kaki Anda terentang hingga selebar pinggul. Jaga posisi lutut sedikit menekuk. Tarik napas dan buka siku Anda ke samping dan angkat dada Anda. Saat mengeluarkan napas, ringkukkan tubuh Anda ke dalam menuju ke pusat. Namun usahakan agar otot leher tidak terlalu kaku dan tegang, ya, B’timers?

Moms To Be? Intip Gerakan Senam Hamil Wajib Ini! | Breaktime
Gerakan ini bantu jaga kelenturan tubuh wanita hamil, B’timers

Cat cow pose. Mulailah dengan posisi seperti merangkak. Lalu di saat Anda akan menarik napas, tariklah wajah dan pandangan menengadah ke arah langit-langit. Pada posisi tersebut, lengkungkan punggung. Lalu di saat Anda mengeluarkan napas, tarik pusar Anda ke arah tulang belakang. Latihan yang satu ini akan membantu menjaga kelenturan tubuh Anda dari punggung hingga tulang belakang. Lakukan latihan ini selama kurang lebih 2 menit.

Itulah tadi beberapa gerakan senam hamil yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh Anda, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE