Minum Susu Rendah Iodin Berpengaruh Pada IQ Anak? | Breaktime
Minum Susu Rendah Iodin Berpengaruh Pada IQ Anak?
29.04.2015
“Iodine is vital for good health”

-Dr. James Howenstine-

Mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan merupakan hal penting yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan janin. Maka tak jarang bila berbagai produk olahan susu baik susu organik maupun susu UHT (ultra-high temperature) menjadi salah satu minuman bergizi yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Namun berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Professor Ian Givens dari University of Reading di tahun 2015, terungkap bahwa kebiasaan rutin mengonsumsi susu organik dan susu UHT dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius. Hal ini dikarenakan kedua jenis susu ini memiliki kandungan iodine yang rendah bila dibandingkan dengan jumlah iodine pada susu regular.

Rendahnya kandungan iodine pada susu organik ini terjadi karena sapi hanya dibatasi untuk memakan rerumputan. Selain itu, sapi juga tidak boleh disuntik hormon BGH yang umumnya berperan untuk meningkatkan produksi susu segar pada sapi perah biasa.

Seimbangkan asupan iodin dengan minum susu regular, buah, dan sayur
Seimbangkan asupan iodin dengan minum susu regular, buah, dan sayur

Sementara itu, kurangnya asupan iodine pada ibu hamil ternyata juga berperan pada IQ bayi yang ada dalam kandungan. Berdasarkan penelitian dari para pengamat di University of Surrey dan University of Bristol pada 1.040 wanita hamil di tahun 1991 hingga 1992, ditemukan bahwa wanita yang mengalami kekurangan asupan iodin saat masa kehamilan akan memiliki anak dengan IQ yang lebih rendah dibandingkan wanita yang mengonsumsi iodin dalam jumlah seimbang.

Hal ini juga senada dengan penelitian yang dilakukan oleh Qian, Watkins, dan peneliti lainnya dari The Institute of Endocrinology, Tianjin Medical University yang melakukan studi meta analisis pada intelegensi anak yang mengalami kekurangan asupan iodin.

Kendati demikian, Profesor Ian Givens menuturkan bahwa mengonsumsi susu organik dan UHT bukanlah hal buruk. Namun, B’timers perlu menyeimbangkan konsumsinya dengan makanan atau minuman lain yang memiliki kandungan iodin cukup agar bayi yang ada dalam kandungan dapat memiliki pertumbuhan otak yang bagus dan IQ yang cerdas.

Share This Article